oleh

Perayaan Jumat Agung dan Paskah di Mimika Aman dan Kondusif

TIMIKA- Aparat keamanan memastikan perayaan Jumat Agung dan Paskah di Kabupaten Mimika berlangsung aman, lancar dan kondusif.

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, SIK melalui Pjs Kasubag Humas Polres Mimika, Ipda Hempi Ona yang ditemui Radar Timika, Minggu (4/4) kemarin di seputaran Jalan Yos Sudarso mengatakan, sejak perayaan Kamis Putih pada Hari Kamis (1/4) hingga perayaan Paskah pada Minggu (4/4) kemarin, semuanya berjalan aman dan kondusif.

“Sejak Kamis Putih hingga Paskah tadi ini (Kemarin red), semuanya berjalan dengan aman dan lancar. Aparat TNI, Polri, Pemda, Ormas dan unsur terkait yang terlibat langsung dalam pengamanan, telah melaksanakan tugas pengamanan dengan baik,”ucapnya.

Dalam kesempatan itu juga, Ipda Hempi mengungkapkan bahwa pihaknya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan seluruh masyarakat Kabupaten Mimika, yang telah membantu dan mendukung aparat keamanan dalam menciptakan situasi kamtibmas di Kabupaten Mimika yang aman dan kondusif.

“Peran serta semua pihak dalam menjaga dan menciptakan keamanan, berjalan dengan baik. Kami dari kepolisian, sampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga agenda perayaan Paskah bisa berjalan dengan aman dan kondusif,”ungkap Pjs Kasubag Humas Polres Mimika.

Sementara itu Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya menjelaskan, bahwa kegiatan pengamanan ini memang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab TNI dan Polri, guna menjaga keamanan di wilayah teritorial serta cermin rasa toleransi antar umat beragama.

“TNI dan Polri akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, kali ini kita mengamankan jalannya ibadah Jumat Agung wafatnya Isa Almasih sampai dengan perayaan Paskah, agar tercipta situasi aman dan kondusif,”kata Dandim

Kemudian menurut Letkol Yoga, pengamanan yang dilakukan TNI dan Polri serta elemen masyarakat merupakan bentuk tanggung jawabnya, untuk menciptakan ketenangan, rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani dalam beribadah.

“Kegiatan pengamanan ini juga sebagai bentuk komunikasi untuk membangun keharmonisan dengan pihak gereja beserta jemaatnya, yang ada di wilayah binaan dalam rangka pembinaan wilayah,” pungkasnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Drs AM Kamal, SH juga mengungkapkan, bahwa secara umum perayaan Paskah di Provinsi Papua berlangsung aman dan kondusif.

“Secara umum pelaksanaan ibadah Jumat Agung sampai dengan perayaan Paskah berlangsung lancar dan aman. Solidaritas dan semangat toleransi antarumat beragama, yang sudah lama terbangun di Papua. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat di Papua, yang sama-sama menjaga kerukunan dan saling menghargai. Itu sangat terlihat dalam kegiatan-kegiatan keagamaan di Papua, yang saling mendukung dan menjaga,”jelas Kombes Kamal. (tns)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *