oleh

Pemerintah Diminta Tinjau dan Benahi TKBM di Pomako

TIMIKA – Pemerintah Kabupaten Mimika diminta untuk meninjau keberadaan para Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) yang beraktivitas di Pelabuhan Pomako Distrik Mimika Timur. Harapan ini diungkapkan oleh Herman Piwir selalu pengawas TKBM di Pelabuhan Pomako saat bertandang ke Gedung Biru Radar Timika, Selasa (6/4).

Herman mengatakan, sampai saat ini aktivitas TKBM masih berjalan seperti biasa. Namun, karena tidak ada pendataan yang jelas oleh pemerintah sehingga jumlah TKBM ini semakin membludak. Padahal sebutnya, jumlah TKBM yang sebenarnya tidak mencapai dua puluhan.

“Saya minta pemerintah atur kembali, bagaimana atur TKBM, benahi buruh pelabuhan yang ada agar kami bisa mendapatkan hak yang sesuai,” ujarnya.

Lanjut Herman, para buruh pelabuhan ini kerap dibantu oleh para sopir ekspedisi dalam aktivitas bongkar muat dan mengangkat barang dari kapal. Dengan tidak adanya pengawasan yang ketat mengenai anggota TKBM, maka jumlah mereka sebutnya, membludak sampai 40-an orang. Hal inilah kata Herman yang menyebabkan masalah ketika buruh yang sebenarnya harus mendapat upah.

Selain itu, pemerintah juga diharapkan dapat memperbaiki sarana dan prasarana di Pelabuhan Pomako agar fasilitas yang ada ini bisa menjadi tumpuan ekonomi bagi masyarakat sekitarnya.

“Saya juga harap pemerintah bisa benahi sarana di Pelabuhan Pomako, perbaiki karena banyak yang rusak, di sana kami cari makan,” imbuhnya. (ami)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *