oleh

Pemerintah Diminta Selesaikan Persoalan Asset Daerah yang Terbengkalai

TIMIKA – Banyak asset di daerah ini yang mubazir dan terbengkalai karena tidak difungsikan sesuai peruntukannya. Karena persoalan sengketa ganti rugi tanah yang tidak ada habisnya, beberapa fasilitas milik pemerintah seperti gedung Kantor Perpustakaan Daerah sampai bangunan Balai Latihan Kerja (BLK), akhirnya pemerintah harus menanggung kerugian besar karena bangunan tersebut telah rusak.

Melihat hal ini, anggota DPRD Mimika dengan tegas berharap pemerintah bisa serius dan memberikan perhatian terhadap aset daerah yang mubazir.

Wakil Ketua II DPRD Mimika, Yohanis Felix Helyanan, Rabu (7/4) di ruang kerjanya mengatakan, ia juga prihatin jika melihat adanya aset pemerintah yang terbengkalai dan tidak difungsikan. Untuk itulah, pemerintah diminta untuk bisa menyelesaikan persoalan ini agar tidak berlarut-larut. Persoalan ini jika dibiarkan akan menghambat pelayanan publik dan tentu merugikan daerah ini.

“Kami berharap pemerintah harus selesaikan persoalan asset daerah ini, bagaimana mengamankan asset yang sudah ada, jika ada masalah sengketa ganti rugi lahan, segera diselesaikan agar bisa selamatkan bangunan yang sudah ada,” jelasnya.

Lanjut Jhon Tie sapaan akrab Yohanis Felix Helyanan, persoalan asset daerah ini juga menjadi perhatian dewan yang nantinya dalam pembahasan anggaran juga akan dimasukan.

Ditambahkannya, pemerintah juga diharapkan dapat mencari solusi guna penyelesaian masalah asset daerah ini. Dewan sendiri menunggu usaha yang dilakukan oleh pemerintah. Jika persoalan asset ini bisa diselesaikan dengan ganti rugi lahan, maka hal ini akan sama-sama menjadi perhatian dewan.

Langkah lain juga bisa ditempuh oleh pemerintah yakni menempuh jalur hukum apabila memang persoalan ganti rugi lahan tidak disertai dengan bukti yang kuat dari pengugat sehingga asset daerah ini bisa jelas.

“Bisa lewat jalur hukum apabila tidak disertai dengan bukti yang jelas, maka nantinya asset-asset daerah kitya bisa jelas,” imbuhnya. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *