oleh

Hasil Penggalangan Bantuan Harus Dilaporkan ke Dinsos

TIMIKA – Setiap kali terjadi bencana di Indonesia, berbagai organisasi dan komunitas di Mimika turut peduli dengan menggalang bantuan. Tak terkecuali dengan bencana yang melanda Nusa Tenggara Timur, juga menjadi perhatian.

Dinas Sosial Kabupaten Mimika sudah menerima surat permohonan izin dari 11 organisasi di Mimika untuk menggalang bantuan. Tapi menurut Sekretaris Dinsos, Alfrida Barung baru satu yang diberi rekomendasi yakni Ikatan Keluarga Flobamora. “Jadi 10 ini baru diproses untuk diberikan rekomendasi,” katanya.

Setiap organisasi yang melakukan penggalangan dana kata Alfrida harus mendapat izin Dinsos Mimika. Selama ini, Dinsos bekerjasama dengan Kepolisian dan Satpol PP menertibkan organisasi yang tidak mendapat izin tapi menggalang dana dari masyarakat.

Alfirda mengatakan, pemberitahuan ke Dinsos juga bertujuan untuk dilakukannya pengaturan. Dinsos menetapkan jadwal masing-masing tiga hari bagi setiap organisasi. Lokasi penggalangan bantuan juga diatur agar tidak ada penumpukan.

Mengingat bantuan dikumpulkan dari warga Mimika maka Dinsos sudah menegaskan kepada organisasi untuk melaporkan hasil yang terkumpul kepada Dinsos. Alfrida menyatakan, Dinsos tidak meminta uang tapi sebatas laporan berapa banyak yang dikumpulkan kemudian disalurkan. Ini sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat yang sudah memberi bantuan.

“Dana yang dikumpulkan sebenarnya itu harus dilaporkan ke Dinas Sosial. kami sudah beri catatan, mereka kumpul bantuan, menyerahkan bukti bukan diserahkan ke Dinsos tapi yang penting ada laporan. Selama ini tidak ada yang beri laporan. Makanya sekarang kita sekarang tertibkan, siapa yang tidak beri laporan, dicatat dan berikutnya tidak diberi izin,” tegasnya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *