oleh

Satgas Binmas Noken Polri Baksos di Kwamki Narama

TIMIKA- Untuk tetap mendekatkan diri dan memberikan pelayanan kepada masyarakat, maka Satuan Tugas (Satgas) Binmas Noken Polri, Jumat (9/4) kemarin melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa polisi pia ajar, penyerahan bibit pertanian dan peternakan kepada masyarakat di Distrik Kwamki Narama.

Wakasatgas Binmas Noken Polri, AKBP Sofyan Budiono, SH MSi yang ditemui wartawan kemarin di Distrik Kwamki Narama menjelaskan, untuk tahun 2021 ini pihaknya telah melaksanakan satu bidang kegiatan, yakni memberdayakan masyarakat di bidang perekonomian khususnya di bidang peternakan.

“Hari ini (kemarin-red) kami memberikan bantuan ternak berupa bibit ternak babi kepada masyarakat. Bukan hanya untuk masyarakat di Kwamki Narama saja, tapi juga kepada masyarakat dari Kampung Jayanti, SP 7, dan SP 2,”tuturnya.

Untuk jumlah bibit ternak babi yang diberikan kepada masyarakat sendiri, kata AKBP Sofyan berjumlah 30 ekor bibit ternak babi.

“Ada 15 orang yang kita berikan bantuan. Dan masing-masing orang dapatnya sepasang bibit ternak babi, jadi totalnya ada 30 ekor. Harapan kita, bantuan ini bisa membantu masyarakat dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan dan lebih mendekatkan diri kepolisian dengan masyarakat,”jelas Wakasatgas Binmas Noken Polri.

Kemudian kata dia, bahwa Satgas Binmas Noken Polri sendiri telah melakukan pendampingan, dan pembinaan terhadap masyarakat peternak babi sejak tahun 2018 lalu.

“Di Kwamki Narama ini ada sekitar 10 spot peternakan yang kami dampingi dan bina. Dari 10 spot peternakan ini, yang sangat signifikan berhasil itu peternakan milik Bapak Jikwa. Di mana tahun 2018 kami berikan bibit babi sebanyak 4 ekor, dan telah berkembang menjadi 47 ekor babi,”ungkap AKBP Sofyan.

Lanjutnya untuk di bidang pertanian sendiri, Satgas Binmas Noken Polri telah memberikan bibit sayuran kepada kelompok masyarakat tani, yang ada beberapa wilayah di Kabupaten Mimika ini.

“Kegiatan pembinaan Binmas Noken di bidang pertanian, peternakan dan perikanan tidak hanya di Mimika tapi juga di beberapa wilayah di Papua ini seperti di Jayawijaya, Sugapa, Puncak Jaya. Kami akan terus mengembangkan program kita khususnya kepada masyarakat yang memang berkeinginan, untuk mengembangkan usaha di bidang pertanian, peternakan dan perikanan,”paparnya.

Sementara untuk Program Polisi Pi Ajar sendiri, menurut Wakasatgas Binmas Noken Polri bahwa kepolisian juga ikut bertangung jawab, untuk masa depan anak-anak yang merupakan generasi penerus Bangsa.

“Kami punya program yang namanya Polisi Pi Ajar, di mana program ini diarahkan kepada anak usai SD dan SMP. Karena di situasi pandemi saat ini, kegiatan formil sekolah belum dibuka makanya kami prihatin. Sehingga kami berikan sedikit tambahan pengetahun, yang materinya berbeda dengan kurikulum Nasional. Kami lebih kepada wawasan kebangsaan,”paparnya.

Di akhir kegiatan baksos itu, Satgas Binmas Noken Polri juga membagikan bingkisan, berupa sembako kepada masyarakat di Distrik Kwamki Narama. (tns)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *