oleh

Pelaksanaan Proyek Masih Tahap Pengumuman di SIRUP

TIMIKA – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Mimika, Robert Mayaut menjamin pelaksanaan kegiatan yang sudah dituangkan dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dilakukan sesuai tahapan dan prosedur yang ada. Salah satunya pengumuman melalui Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP).

Jadi menurut Robert ketika ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan, Selasa (13/4) kemarin setelah penyerahan DPA, pelelangan tidak serta merta langsung dilakukan tapi secara bertahap. Dimulai dari penginputan RUP dalam sistem yang ditetapkan oleh LKPP. “Jadi seluruh paket harus diumumkan dulu di SIRUP,” katanya.

Apalagi untuk kegiatan seperti pokok pikiran DPRD yang ketika diusulkan tidak didasari dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Otomatis, RAB harus disusun terlebih dahulu. Sama halnya dengan anggaran yang sifatnya gelondongan untuk penanganan contohnya Pesparawi yang harus didahului dengan estimate engineer.

Jadi dikatakan Robert, setelah penyerahan DPA ada proses yang harus dilalui untuk sampai pada tahap pelelangan. Setelah penginputan RUP, maka kegiatan yang tender dan non tender akan dipilah. Kegiatan yang sifatnya tender selanjutnya diumumkan pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). “Kalau dokumen sudah siap berarti siap lelang,” tegasnya.

Ia mencontohkan untuk kegiatan Pesparawi yang dialokasikan sekitar Rp 3 miliar lebih. Dana itu digunakan untuk rehab tempat penginapan dan tempat kegiatan. Dimana ada toiletnya yang tidak memenuhi standar, plafon bocor sehingga harus direhab. Dengan anggaran yang sifatnya gelondongan itu maka harus dirincikan lagi setiap kegiatan. Misalnya rehab gedung A sekian, rehab gedung B berapa.

Robert menambahkan, saat ini semua kegiatan yang akan dikerjakan Dinas PUPR sudah diinput dalam SIRUP baik kegiatan yang sifatnya swakelola maupun dipihaketigakan. Pengumuman lelang akan diumumkan lewat LPSE. “Jadi kita belum bisa lelang kalau tidak masuk di SIRUP,” katanya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *