oleh

Satpol PP akan Jaga Tempat Pembuangan Sampah

TIMIKA – Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika mulai tegas dalam penanganan sampah di Mimika. Itu ditandai dengan diterbitkannya Instruksi Bupati Nomor 6 Tahun 2021 tentang kebersihan lingkungan di Kabupaten Mimika.

Salah satu strategi yang akan diterapkan Pemda Mimika adalah dengan mengerahkan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk kembali menjaga tempat pembuangan sampah seperti yang pernah dilakukan beberapa waktu lalu dan dinilai efektif dalam mencegah warga membuang sampah sembarangan.

Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Mimika, Paulus Dumais yang ditemui di kantornya, Selasa (13/4) kemarin mengatakan Satpol PP sudah mulai melakukan kegiatan pembersihan sekaligus sosialisasi kepada masyarakat mengenai waktu pembuangan sampah yang hanya bisa dilakukan mulai jam 6 sore sampai jam 6 pagi. Jadi pada siang hari tidak diperbolehkan.

Untuk menertibkan itu, Satpol PP akan dikerahkan untuk menjaga tempat pembuangan sampah terutama yang siaftanya liar. Dalam pengawasan dan penertiban, Satpol PP akan berjalan bersama Dinas Lingkungan Hidup serta distrik dan kelurahan.

“Kemarin sudah rapat dan harus action sekarang walaupun nanti ada SK gabungan dari DLH, distrik dan kelurahan tapi kita Satpol PP akan bergerak lebih dulu untuk sosialisasi dan pencegahan sambil tunggu SK Bupati,” ujar Paulus.

Kali ini kata Paulus, Perda tentang sampah akan ditegakkan. Tapi pada tahap awal didahului dengan sosialisasi. Tapi selanjutnya langsung pada penindakan yakni pemberian sanksi berupa denda atau hukuman kurungan sesuai Perda.

Dalam Instruksi Bupati kata Paulus sudah menegaskan beberapa poin yang ditujukan kepada masyarakat Kabupaten Mimika. Pertama, menata, memberishkan dan memperindah rumah dan lingkungan masing-masing. Bagi masyarakat yang tinggal di depan jalan utama dan lorong-lorong agar selain membersihkan rumah dan lingkungannya juga bertanggujawab atas kebersihan jalan. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *