oleh

Komisi A DPRD Desak Pemda Lakukan Restrukturisasi OPD

TIMIKA – Masih banyaknya tugas pokok dan fungsi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tumpang tindih, maka Komisi A DPRD Mimika mendesak Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika segera melakukan restrukturisasi.

Ketua Komisi A DPRD Mimika, Daud Bunga usai melakukan kungan kerja di beberapa OPD di Kantor Pusat Pemerintahan, Kamis (15/4) kemarin mengungkapkan ada persoalan yang menurutnya sangat mendasarkan dan harus segera ditindaklanjuti oleh Pemda Mimika yakni tidak efektifnya struktur organisasi.

Hal ini menurut Daud menyebabkan adanya tumpang tindih tupoksi. Seperti yang ditemukan di Bagian Perekonomian Setda Mimika yang menurutnya tidak jelas tupoksinya karena juga ditangani oleh OPD lain. “Satu kegiatan misalnya substansinya siapa tapi dikelola oleh tiga OPD,” ujarnya.

Adanya tumpang tindih tupoksi ini juga menurutnya bisa mengakibatkan terjadinya pemborosan anggaran. Daud menduga ini terjadi karena ada ego sektoral sehingga perlu kebijakan dari Bupati selaku kepala daerah untuk melakukan penataan. “Kita desak supaya tahun ini diselesaikan supaya tidak ada lagi tumpang tindih,” jelasnya.

Bagian Organisasi Setda Mimika lanjut Daud harus segera memberikan telaahan kepada Bupati untuk mengambil kebijakan. Tapi ia juga berpesan agar OPD yang memang sangat vital lebih baik dipertahankan.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *