oleh

18 Ribu Lansia Segera Divaksin

TIMIKA – Sebanyak 18 ribu warga lanjut usia (60 tahun ke atas) mulai dijadwalkan untuk menerima vaksin Covid-19. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Lenni Silas yang ditemui di kantornya, Jumat (16/4) kemarin.

Lansia kata Lenni juga masuk dalam sasaran vaksinasi tahap kedua. Hanya saja di Mimika saat ini masih fokus pada pelayan publik. Sehingga setelah selesainya vaksinasi bagi pelayan publik yang ditargetkan rampung seminggu kedepan maka langsung dilanjutkan pada lansia.

Di Mimika kata dia ada 18 ribu lansia yang sudah terdata untuk menerima vaksin. Seharusnya vaksinasi sudah dilakukan, tapi karena keterbatasan stok vaksin sehingga masih difokuskan pada pelayan publik. “Lansia kita sudah jadwalkan harusnya sekarang cuma karena keterbatasan vaksin kita yang di-drop dari provinsi itu untuk diprioritaskan dosis kedua pelayan publik,” ujarnya.

Metode vaksinasi bagi lansia sama halnya dengan pelayan publik yang akan dilayani oleh Puskesmas sesuai domisili. Skrining ketat akan diberlakukan mengingat lansia sangat rentan memiliki penyakit penyerta atau komorbid. Jika dari hasil skrining di Puskesmas lansia terindikasi memiliki penyakit maka akan dirujuk ke rumah sakit untuk divaksin. “Ada skornya ya kalau lansia. Kalau tidak bisa akan dirujuk ke rumah sakit,” katanya.

Interval vaksinasi bagi lansia diungkapkan Lenni berlangsung selama 28 hari antara vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua. Sebenarnya kata dia ini juga sudah diberlakukan bagi pelayan publik lainnya seiring adanya perubahan peraturan. “Optimalnya itu 28 hari terbentuk kekebalan tubuh jadi setelah optimal kita harus tambahkan dosis kedua supaya lebih optimal lagi,” ucapnya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *