oleh

MUI Nyatakan Vaksin Tidak Membatalkan Puasa

TIMIKA – Vaksinasi Covid-19 masih akan dilaksanakan seiring bulan Ramadan 1442 Hijriyah 2021 Masehi. Terkait hukum vaksin ketika puasa, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan, puasa tak seharusnya menjadi alasan untuk masyarakat menghindari vaksinasi Covid-19.

Berdasarkan rilis resmi MUI, Meski sama-sama berlangsung di tengah pandemi, ibadah puasa tahun ini tak bisa disamakan dengan tahun lalu. Pasalnya tahun ini, ibadah puasa dilakukan beriringan program vaksinasi yang tengah digencarkan pemerintah.

Untuk hal ini, MUI telah mengeluarkan fatwa mengenai injeksi vaksin covid-19 saat berpuasa. MUI memperbolehkan pemberian vaksinasi bagi umat Muslim yang sedang menunaikan puasa.

“Vaksinasi covid-19 yang dilakukan dengan injeksi intramuscular tidak membatalkan puasa,” ujar Ketua MUI Ustadz H M Amin AR, SAg, Senin (19/4).

Selain hukum vaksin ketika puasa, MUI juga menegaskan bahwa menjaga keselamatan orang lain dengan disiplin beraktivitas di kala pandemi turut menjadi bagian dari ketaatan. Misalnya, dengan tidak melakukan aktivitas ibadah di luar rumah ketika sedang tidak enak badan, atau sudah terdeteksi positif Covid-19. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *