oleh

Makna Hari Kartini Bagi Pimpinan OPD

HARI Kartini yang jatuh pada 21 April menjadi peringatan istimewa bagi masyarakat, khususnya para perempuan Indonesia. Peringatan tersebut bertujuan untuk mengenang jasa RA Kartini sebagai pelopor emansipasi wanita di Tanah Air.

Dulunya, kaum perempuan kerap mengalami penindasan secara fisik dan mental. Kaum wanita juga dipandang sebelah mata karena status sosialnya yang rendah. Namun, pandangan ini berhasil diubah karena perjuangan Raden Adjeng Kartini.

Berkat perjuangan RA Kartini, kini banyak perempuan Indonesia yang berhasil menunjukkan kemampuannya bahkan menjadi pemimpin. Di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika sendiri setidaknya ada 8 perempuan yang ditunjuk menduduki jabatan eselon II. Beberapa diantaranya memberikan pesan tentang makna Hari Kartini.

 

Ir Yosefin Sampelino

(Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Mimika)

BAGI Yosefin, Hari Kartini memiliki makna yang sangat besar dan bagi kaum perempuan di Indonesia. Sebab berkat perjuangan Kartini, telah membuka lebar kesempatan bagi perempuan untuk berkarya dan sukses dalam segala bidang yang ada.

Tidak ada lagi batasan bagi perempuan zaman sekarang dalam berusaha. Kaum perempuan bebas dan memiliki hak dan kesempatan yang sama dengan  kaum pria dalam mengejar impian dan cita cita .

“Berkat perjuangan Kartini ini telah mendorong percaya diri perempuan untuk berkarya seperti pria. Sehingga tercipta pemberdayaan perempuan dalam segala bidang. Saya pun bisa berkarya tanpa batas berkat perjuangan Ibu Kartini. Kita patut bersyukur dan bangga,” tulisnya.(sun)

 

Ir Yohana Paliling, MSi

(Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Mimika)

PERAN perempuan baik dalam keluarga maupun tugas dan tanggungjawab bagi Yohana Paliling adalah peran yang sangat strategis tapi tidak mudah. Apalagi selain sebagai ibu rumah tangga, perempuan juga memiliki tugas seperti ASN yang tentunya sangat berat.

“Bagi ibu-ibu tetap semangat mempersiapkan masa depan bagi yang masih muda dan semangat melayani keluarga juga  di profesi masing masing. Apapun itu jika dijalani dengan sukacita dan mengandalkan Sang Pemberi Hidup yakin akan diberkati oleh-NYA. Jadilah  Kartini-kartini zaman now,” katanya.

Jania Basir Rantedanun

(Kepala Dinas Perhubungan Mimika)

ADANYA emansipasi wanita di Indonesia yang diperjuangkan oleh RA Kartini dikatakan Jania memberikan kebebasan yang seluas-luasnya bagi kaum perempuan untuk dapat mengekspresikasn kemampuan diri. “Terkhusus bagi saya, dengan teladan Kartini saya menjadi wanita yang percaya diri dan lebih kuat dalam menghadapi tantangan hidup, baik dalam tugas dan tanggungjawab sebagai ASN maupun dalam keluarga sebagai single parent,” ujarnya. (sun)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *