oleh

Karantina Periksa 36,7 Ton Daging Yang Masuk dari Surabaya

TIMIKA – Guna memastikan pasokan daging beku yakni ayam dari Surabaya Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH) saat masuk ke Kabupaten Mimika, pihak Karantina Pertanian Timika mengadakan pemeriksaan di Pelabuhan Amamapare. Sebanyak 36,7 ton daging sapi beku yang berasal dari Surabaya diperiksa oleh Pejabat Karantina Pertanian Timika. Daging beku tersebut dimuat menggunakan Meratus Pekanbaru Voy. 25 dan bersandar di Pelabuhan Amamapare, Selasa (27/7) kemarin.

Berdasarkan rilis Karantina Pertanian Timika Nomor : 125/KP-Timika/7/2021, disebutkan selain pemeriksaan dokumen, dilakukan juga pemeriksaan fisik yaitu kesesuaian jumlah dan komoditas kemasan serta dilanjutkan pemeriksaan organoleptik di gudang milik PT PUM selaku distributor resmi penyuplai daging sapi, ayam, ikan (frozen food) beserta olahannya bagi perusahaan tambang yang ada di Timika.

Kepala Karantina Pertanian Timika, Tasrif, Rabu (4/8) mengatakan, setelah serangkaian pemeriksaan dilakukan, daging tersebut dinyatakan sehat dan aman sehingga layak untuk dikonsumsi. Setelah diterbitkan Sertifikat Pelepasan Karantina Hewan (KH-14), daging tersebut nantinya akan didistribusikan juga ke beberapa tempat yang ada di Timika.

“Menjaga imunitas di masa PPKM darurat seperti ini, dapat dilakukan dengan memenuhi asupan gizi yang diperlukan tubuh. Karantina Pertanian Timika akan selalu memastikan kesehatan dan keamanan pangan baik protein nabati maupun hewani yang dilalulintaskan di Kabupaten Timika,” ujar Tasrif. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *