oleh

PKBM Airu Iwaoto SP7 Bina Masyarakat agar Melek Huruf

TIMIKA – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Airu Iwaoto di Kampung Mulia Kencana (SP 7), berkomitmen mengembangkan masyarakat setempat. Salah satu kegiatan yang patut diacungi jempol adalah memberikan fasilitas belajar bagi puluhan mama-mama yang masih buta aksara.

Dengan sabar para pengurus memberikan pembelajaran menulis huruf dan angka serta belajar membaca. Kegiatan PKBM Airu Iwaoto sendiri sudah berkiprah sejak tahun 2014.

“Masyarakat yang masih buta aksara kami ajarkan, ini keinginan mereka sendiri agar mengikuti perkembangan zaman,” ujar pengurus PKBM Airu Iwaoto, Sugina kepada Radar Timika, Senin (21/1).
Dengan belajar aksara, masyarakat di SP7 sebut Sugina sudah layak mengikuti tes akan bisa mendapatkan Surat Keterangan Melek Aksara. Masyarakat yang sudah belajar ini sendiri berhak mendapatkan pengakuan dari Dinas Pendidikan karena sudah mau belajar dan bangun dari keterpurukan karena tidak mengenal abjad.

“Mereka paling tidak mengenal abjad, ini harus kita apresiasi mereka masih mau belajar di umur yang sudah tidak lagi muda,” kata Sugina.

Walaupun dengan kesibukan sebagai ibu rumah tangga sekaligus bekerja di ladang, para mama-mama dan sebagian kaum laki-laki ini sebut Sugina bisa semangat dan meluangkan waktu untuk mengikuti pembelajaran membaca dan menulis di PKBM.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *