oleh

Penguman CPNS Ditunda

TIMIKA – Sesuai surat dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) jadwal seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) harusnya dimulai hari ini Senin (4/3) yang diawali dengan pengumuman formasi. Tapi baik tingkat provinsi maupun kabupaten tertunda.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua, Nicolaus Wenda yang dihubungi Radar Timika melalui telepon Minggu (3/3) kemarin mengatakan dalam rapat koordinasi mengenai CPNS beberapa waktu lalu sudah ditetapkan mengenai petunjuk teknis dan itu sudah dijawab oleh Kemenpan RB. Adapun total formasi untuk Provinsi Papua termasuk kabupaten/kota diungkapkan Nicolaus sebanyak 6.660.

Jadi menurut Nicolaus untuk perekrutan CPNS Tahun 2018 yang tertunda dan baru dilaksanakan tahun ini tidak ada hambatan lagi. Daerah dalam hal ini kabupaten/kota kata dia sudah bisa mengumumkan formasi CPNS kepada masyarakat. Apalagi sebelumnya sudah dilakukan pelatihan. “Jadi kembali kepada kabupaten yang penting laporkan ke bupati,” tandasnya.

Untuk jadwal perekrutan tetap mengikuti jadwal yang ditetapkan Kemenpan RB hanya saja untuk pengumuman dipastikan belum dilakukan hari ini Senin (4/3). “Hari ini kami baru laporkan ke pimpinan jadi pengumuman ditunda hari ini, bisa besok dan tidak akan lama,” ujar Nicolaus.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mimika, Paskalis Kirwelakubun yang dikonfirmasi Radar Timika mengatakan hari ini belum ada pengumuman. “Kami tunggu rapat satu kali lagi di provinsi baru ada pengumuman serentak nanti,” tulisnya melalui WA.

Sebelumnya lewat surat bernomor B/234/M.SM.01.00/2019 perihal kebijakan pelaksanaan pengadaan formasi CPNS Tahun 2018 Pemerintah Provinsi Papua itu, Menpan RB Syafruddin menyetujui empat poin sebagai jawaban terhadap surat yang sebelumnya diajukan Gubernur Papua.

Pertama, persentase penerimaan formasi 80 persen untuk asli Papua dan 20 persen bukan asli Papua. Kedua, pelaksanaan seleksi menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang hasil atau nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berdasarkan pemeringkatan.

Poin ketiga dari surat tertanggal 21 Februari 2019 itu menyampaikan jadwal seleksi mulai dari pengumuman penerimaan yakni 4 sampai 22 Maret 2019 hingga proses pemberkasan bagi peserta yang dinyatakan lulus mulai tanggal 13 Juni sampai dengan 3 Juli 2019.

Namun Menpan RB pada poin keempat menyatakan terkait tiga ketentuan di atas dalam pelaksanaannya Pemprov Papua bersama Pemda tingkat kabupaten segera berkoordinasi dengan Kepala Badan Kepegawaian Negara dan/atau Kepala Kantor Regional IX BKN Jayapura.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *