oleh

Bupati Puncak Ingin Timika Ibu Kota Provinsi Papua Tengah

TIMIKA – Bupati Kabupaten Puncak, Willem Wandik, SE MSi menginginkan agar Timika menjadi Ibu Kota Provinsi Papua Tengah. Keinginan Bupati ini lantaran Kabupaten Mimika memiliki lokasi yang strategis sebagai daerah penyangga untuk beberapa daerah di wilayah pegunungan dan pesisir Selatan Papua, termasuk Kabupaten Puncak.

Jika cita-cita yang sudah sejak lama diperjuangkan itu bisa berhasil, maka akan turut mendorong percepatan pembangunan daerah-daerah lain di sekitar Mimika.

“Saya sangat merindukan agar Timika ini menjadi Ibu Kota Provinsi Papua Tengah. Karena Timika lokasinya sangat strategis untuk mendukung pembangunan di wilayah-wilayah sekitarnya, termasuk Kabupaten Puncak,” ujar Willem Wandik melalui sambungan telepon, Selasa (5/3) malam.

Menurut Bupati, selain strategis dari sisi lokasi, Timika juga strategis dalam hal kultur sosial budaya. Apalagi sebelumnya pada era saat Megawati menjadi Presiden RI periode 2001-2004, Undang-undang Pemekaran Provinsi Papua Tengah sudah ada, meskipun ketika itu ditolak.

“Undang-undang pemekaran itu kan sudah ada, di era Ibu Megawati. Itu tinggal diaktikan kembali saja,” ujar Bupati.

“Konsep pemekaran sangat strategis untuk percepatan pembangunan, pendidikan, kesehatan, ekonomi. Konsep ini pernah dilakukan Ibu Megawati,” tambahnya.

Sebagai contoh, di Mimika, Puncak, Intan Jaya, Paniai, Dogiyai jika tidak dilakukan pemekaran sebagai kabupaten otonom, maka daerah-daerah itu tidak akan berkembang seperti sekarang ini. Ketika kabupaten terbentuk, daerah langsung terbuka. Demikian juga Provinsi Papua Tengah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *