oleh

Piala Adipura: Terealisasi atau Sekedar Mimpi?

“Jadi, Adipura itu bukan hanya tanggungjawab Dinas Lingkungan, tapi tanggungjawab semua dinas terkait, terutama dinas PUPR yang membangun fasilitas persampahan, dukungan dari semua masyarakat untuk menciptakan kota yang bersih juga utama, kalau ini tidak dilaksanakan jangan bermimpi kita menjadi kota Adipura,” jelasnya.

Dukungan dari masyarakat secara luas juga menjadi yang utama untuk ikut menjaga kebersihan. Meraih Adipura sendiri bukanlah tujuan utama, tetapi bagaimana komitmen masyarakat untuk bersama-sama menciptakan kota yang bersih dan indahlah harus diyakini semua orang.

Walaupun tersisa waktu satu setengah tahun menuju PON 2020, namun DLH optimis untuk bisa meraih piagam Adipura. Kembali lagi kepada komitmen semua pihak untuk bersama-sama mewujudkan mimpi ini.

Sampai saat ini, total sampah yang dihasilkan perharinya di Mimika bisa sampai 250-260 ton. Dengan keterbatasan armada pengangkut sampah yakni 10 truk dan 140 personil kebersihan, diperlukan sampai 3 kali pengangkutan sampah yakni pagi, siang dan malam. Dari tiga kali pengangkutan ini, DLH berusaha memaksimalkan keterbatasan yang ada untuk setidaknya sudut-sudut kota Timika tidak dibanjiri dengan lautan sampah. Sekarang, tinggal kepedulian masyarakat saja, apakah ingin mewujudkan mimpi menciptakan kota yang bersih atau tidak. Jika kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada jamnya sudah terlaksana dan dinas teknis berhasil membangun fasilitas pendukung persampahan, maka cita-cita untuk mendapatkan piagam Adipura bisa tercapai.

Bentuk dukungan untuk mendapatkan piagam Adipura datang dari Ketua DPRD, Elminus B Mom. Dengan program kegiatan yang diusulkan oleh dinas teknis bagi keperluan penanganan sampah, dewan tentu saja akan menyetujui usulan tersebut.

“Kami sangat mendukung kota ini meraih Adipura, sudah saatnya, jadi dinas teknis usul itu program yang langsung bermanfaat, dan masyarakat juga jangan  buang sampah sembarangan,” pungkas Elminus.

Tokoh pemuda sekaligus merupakan Ketua Lemasa, Odizeus Beanal menyatakan dukungannya agar Mimika meraih piala Adipura.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *