oleh

Bappeda Puncak Gelar Musrenbang Tingkat Kampung dan Distrik

ILAGA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Puncak melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Puncak, menggelar Forum Penjaringan Aspirasi Masyarakat melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kampung dan Distrik, di Aula Bappeda, Ilaga.

Kegiatan yang berlangsung mulai Tanggal 2 hingga 4 April 2019 tersebut, dihadiri oleh beberapa kepala distrik, para kepala kampung, tokoh adat, tokoh agama dan perwakilan masyarakat lainnya.

Kepala Bappeda Puncak, Melianus Hagabal, SE MM dalam sambutannya pada pembukaan Musrenbang, Senin (2/4) menyampaikan, Musrenbang Distrik tersebut dilaksanakan sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Dimana melalui forum ini Bappeda Puncak dituntut untuk melakukan penjaringan aspirasi masyarakat di Distrik Ilaga, sesuai dengan visi dan misi RPJMD Bupati dan Wakil Bupati Puncak Periode 2018-2023, yaitu “Mewujudkan Kabupaten Puncak yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera”.

Dimana dalam periode ini, Bupati Puncak, Willem Wandik, SE MSi akan memfokuskan pembangunan daerah ke arah Ilaga, Gome dan sekitarnya.

“Karena itu, bapak kepala distrik dan kepala-kepala kampung, tokoh adat dan tokoh agama yang hadir sebagai perwakilan dari masyarakat adat yang ada di daerah ini (Puncak, red) untuk dapat menyampaikannya melalui forum ini,” ajak Melianus.

Para pihak yang hadir juga diajak untuk berperan aktif menyampaikan usulan, karena berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017, melalui forum ini Bappeda dituntut untuk dapat mengakomodir semua usulan dari masyarakat dengan berbasis e-Planning. Dimana semua usulan dari masyarakat harus melalui mekanisme perencanaan.

“Untuk itu kami sangat mengharapkan masukan-masukan dari bapak-bapak semua yang hadir sebagai perwakilan masyarakat. Mari kita saling mendukung dalam pembangunan daerah kita, sehingga dapat membawa perubahan ke arah pemerintahan yang lebih baik,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *