oleh

Pencoblosan di Puncak, Dipusatkan di Lima Distrik

ILAGA – Kabupaten Puncak secara keseluruhan sudah siap menggelar Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif. Lima distrik induk akan menjadi lokasi pencoblosan, kelima distrik induk tersebut diantaranya adalah Distrik Ilaga, Gome, Beoga, Sinak dan Doufo. Pada Pemilu 2019 ini, sistem noken masih tetap menjadi mekanisme pencoblosan di Kabupaten Puncak.

“Kita di Kabupaten Puncak, sudah 95 persen siap melaksanakan Pemilu Presiden dan Legislatif, tinggal lima persen di lapangan,” ungkap Ketua KPUD Puncak Yopi Wonda, ST saat diwawancarai wartawan di sekretariat KPUD Puncak, Jumat (12/4) kemarin.

Yopi Wonda menjelaskan, untuk mobilisasi logistik ke daerah pemilihan umum, semuanya menggunakan pesawat udara. Direncanakan, mulai Sabtu (13/4) hari ini, logistik sudah mulai diangkut ke lapangan.

“Semua wilayah pemilihan di Kabupaten Puncak menggunakan pesawat udara, kami sudah carter pesawat untuk mengangkut logistik. Distrik yang paling jauh yang kita utamakan yaitu Distrik Doufo, selanjutnya ke Beoga serta ke Sinak, baru Ilaga dan Gome,” jelasnya.

Yopi Wonda menyebut, alasan KPU menggelar pencoblosan di lima distrik induk merupakan kesepakatan antara KPUD Puncak, Bawaslu Puncak dan pemerintah daerah, TNI/Polri, demi pertimbangan keamanan, serta kondisi geografis di Kabupaten Puncak, meski begitu tidak menghilangkan nilai demokrasi dari para pemilih. Kelima distrik tersebut mewakili 25 distrik di Kabupaten Puncak, diantaranya Distrik Ilaga mewakili empat distrik, Distrik Gome membawahi tiga distrik, Beoga membawahi lima distrik dan Sinak membawahi 10 distrik, serta Doufo membawahi dua Distrik, Doufo dan Dervos.

“Kita berharap pemilu ini berjalan aman dan gembira. Tidak boleh ada persoalan keamanan, sehingga kami mengambil kesepakatan untuk menggelar pencoblosan di lima distrik induk ini, lebih karena pertimbangan keamanan. Apalagi Kabupaten Puncak merupakan salah satu distrik yang rawan sekali untuk persoalan keamanan,” tambahnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *