oleh

Pemkab Puncak Gelar Sosialisasi Tes ASN Berbasis Komputer

ILAGA – Pemerintah Kabupatan Puncak, merupakan kabupaten pertama di Papua yang menggelar sosialisasi penerapan Computer Assisted Tes (CAT) pengadaan CPNS tahun 2019. Sosialisasi ini dalam rangka memberikan pengetahuan kepada para pencari kerja di Kabupaten Puncak tentang sistem CAT, sehingga mereka memahami sistem ini sebelum dilaksanakan tes CPNS formasi 2019 bagi putra dan putri asli Papua, yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Sosialisasi dibuka langsung oleh Bupati Puncak, Willem Wandik, SE MSi di Aula Negelar, Rabu (10/4).

Tak tanggung-tanggung, yang datang untuk memberikan sosialisasi tersebut yakni Kepala Kantor Regional IX BKN Provinsi Papua, Drs Paulus Dwi Laksono beserta beberapa stafnya. Bahkan sekitar 70 lebih komputer sudah dipasang di Aula Negelar, sebagai alat peraga yang bisa langsung dipraktekkan oleh para pancari kerja, terutama cara mendaftar, cara mengisi setiap pertanyaan dan cara mengetahui hasil dari tes tersebut.

Kepala Kantor Regional IX BKN Provinsi Papua, Drs Paulus Dwi Laksono, mengatakan para pencari kerja terutama anak-anak asli Kabupaten Puncak tidak boleh takut dengan sistem ini. Pasalnya sistem ini sangat mudah, tidak sesulit yang dibayangkan. Karena hanya dengan satu jari saja bisa mengoperasikan atau mengisi pertanyaan yang diberikan dalam sistem CAT.

Sistem inilah yang akan membantu sistem penerimaan agar lebih objektif, transparan dan kompetitif, tidak ada sistem keluarga atau sistem orang dalam.

“Secara Nasional sudah diberlakukan sistem CAT, hanya khusus untuk Provinsi Papua dan Papua Barat untuk formasi tahun 2018, yang diundur sampai tahun 2019, tetap menggunakan sistem CAT. Tapi sistem penilaiannya berbeda dengan daerah lain, hanya menggunakan sistem perengkingan. Berbeda dengan daerah lain di Indonesia yang menggunakan sistem hitung passing grade,” ungkapnya.

Kata Paulus, para pencari kerja di Kabupaten Puncak sebenarnya bersyukur kepada Pemkab Puncak, karena sebelum dilaksanakan sistem CAT pada saat tes CPNS, Pemkab lebih dahulu menggelar sosialisasi atau pelatihan. Sehingga para pencari kerja sudah memahami sistem ini ketika sudah masuk dalam tes CPNS, maka sudah tahu apa yang harus dilakukan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *