oleh

Jokowi-Ma’ruf Menang Mutlak di Kabupaten Puncak

GUNAKAN HAK PILIH – Seorang kepala suku di Distrik Gome, salah satu distrik di Kabupaten Puncak, saat menggunakan hak pilihnya di Gome, Kabupaten Puncak, Rabu(17/4) kemarin.

“Untuk Capres kami sudah dapat info, dimana Capres 01 sudah meraih suara hampir seratus persen menang di semua TPS, meski kita masih harus menanti hasil resmi saat pleno nanti. Tapi yang paling utama adalah pemilihan bisa berjalan aman sekali, masyarakat cukup antusias mengikuti pencoblosan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Puncak, Willem Wandik, SE MSi yang juga memantau pelaksanaan Pemilu di sekitar Ibu Kota Kabupaten di Ilaga, khususnya untuk Kabupaten Puncak menggunakan sistem noken bersama dengan 11 kabupaten yang lain di Papua. Dimana sistem ini merupakan demokrasi di wilayah gunung, noken hanya menggantikan kotak suara.

“Jadi sistem noken ini sudah ada keputusan PKPU dan juga MK, dimana noken hanya menggantikan kotak suara,” ungkapnya.

Sama seperti Ketua KPU Puncak, Bupati Willem Wandik juga mengatakan hal yang sama, bahwa meski belum ada data resmi hasil pleno dari KPU Kabupaten Puncak, namun dari informasi yang ia peroleh dari lapangan, terutama dari lima distrik yang menjadi lokasi pelaksanaan pencoblosan, Ilaga, Gome, Beoga, Sinak dan Doufo, ternyata masyarakat Puncak semuanya sepakat memberikan suaranya untuk mendukung pasangan nomor urut 01.

“Seperti yang sudah saya sampaikan dari awal, bahwa masyarakat di Kabupaten Puncak sudah dari awal membungkus suara untuk Capres Joko Widodo dan Cawapres Ma’ruf Amin. Dan terbukti sampai sore ini (kemarin, red), dari data lapangan yang kami peroleh hampir 158 ribu suara dari masyarakat Puncak semuanya diberikan kepada Capres Jokowi dan Ma’ruf Amin. Karena para kepala suku, tokoh agama, semua masyarakat hanya tahu nama Jokowi aja,” sebut Willem Wandik.

Lanjut Willem Wandik, sementara untuk perhitungan suara untuk Calon Legislatif (Caleg) baik DPRD, DPR Papua, DPR RI dan DPD masih dalam proses, karena jumlahnya cukup banyak.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *