oleh

Baru Launching, 400 Anak Langsung Cetak KIA

TIMIKA – Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil secara resmi sudah meluncurkan Kartu Identitas Anak (KIA). Launching digelar bersamaan dengan pembukaan karnaval HUT RI di Graha Eme Neme Yauware oleh Wakil Bupati Mimika, Yohanis Bassang, SE MSi, Senin (12/8).

Hanya dalam hitungan jam, Disdukcapil Mimika yang membuka tempat pendaftaran sekaligus perekaman dan pencetakan di Graha ENY sudah mencetak setidaknya 400 keping KIA. Orang tua juga begitu antusias dan rela berdesakan untuk mendaftarkan anaknya.

Proses pencetakan KIA terbilang sangat singkat. Orang tua harus mendaftar terlebih dahulu dengan melampirkan Kartu Keluarga serta akte kelahiran anak yang berbasis NIK. Setelah itu anak digilir untuk melakukan perekaman. Tapi perekaman tidak seperti e-KTP yang membutuhkan biometrik atau sidik jari dan mata. Cukup dengan foto. Namun anak usia 5 tahun ke bawah tidak perlu foto.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Mimika, Aprida mengatakan pelayanan KIA akan dibuka di Graha ENY sampai Jumat (16/8). Sehingga masyarakat dalam hal ini orang tua bisa memanfaatkan kesempatan ini. Pelayanan dibuka dari pagi hingga sore hari.

Orang tua kata Aprida cukup membawa kartu keluarga dan foto copy akte kelahiran berbasis NIK. Untuk akte kelahiran yang belum berbasis NIK harus diganti terlebih dahulu. Pengurusannya langsung ke Disdukcapil di Kantor Pusat Pemerintahan, SP 3.

“Kalau belum berbasis NIK, akte harus diganti. Kalau akte yang dulu tidak ada NIK di atas tertera. Sekarang yang berbasis NIK, akte yang NIKnya di atas, kalau belum berbasis NIK bisa diganti ke kantor Disdukcapil,” terang Aprida.

Untuk memudahkan pencetakan KIA, Disdukcapil berencana datang langsung ke sekolah-sekolah yang digiliar. Itu dilakukan karena layanan tidak memungkinkan di kantor. Selain jauh juga padat oleh warga yang mengurus dokumen kependudukan lain.

Disdukcapil menyediakan 30 ribu keeping blanko KIA. Disdukcapil menargetkan seluruh blanko itu bisa digunakan tahun ini dan tahun depan akan ditambah lagi agar bisa menjangkau seluruh anak yang ada di Mimika.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *