oleh

Proyek Lambat, Bupati: Kepala OPD Harus Mundur

TIMIKA – Untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan yang sudah diprogramkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020, Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE MH memberi deadline kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dimana kegiatan terutama fisik harus dijalankan Bulan Februari.

DPA kata Bupati Omaleng ketika memimpin apel pagi, Senin (27/1) sudah dibagikan. Jadi tidak ada lagi alasan bagi OPD untuk menunda pekerjaan. Harusnya persiapan pelaksanaan kegiatan itu dilakukan sejak awal Desember 2019 lalu.

“Saya kasih waktu Februari, kegiatan sudah harus jalan karena sudah bagi DPA,” tegasnya.

Tidak hanya sekadar memberi deadline waktu, Bupati Omaleng juga memberikan peringatan kepada pimpinan OPD yang terlambat memulai pekerjaan. “Dinas yang terlambat siap-siap harus mundur, artinya tidak mampu kerja,” tegasnya.

Sementara itu menurut Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Mimika, Bambang Wijaksono menilai kalau OPD bisa bekerja cepat target itu bisa tercapai. Pasalnya Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) sudah diintegrasikan dengan e-Budgeting sehingga OPD tidak perlu lagi input secara manual.

OPD kata Bambang tinggal menentukan kegiatan mana yang ditenderkan dan mana yang tidak. Ini akan membuat proses pelelangan bisa lebih cepat. Kalau OPD langsung respon ditambah lagi kegiatan tidak terlalu banyak, itu bisa diselesaikan dalam sehari sehingga kegiatan yang ditenderkan langsung diumumkan.

“Jadi kita memang sangat cepat. Pak Bupati sampaikan, Februari kalau memang OPD dari kemarin sudah langsung respon, untuk surat penunjukan PPK sudah disampaikan sebelum DPA dibagikan supaya OPD tetapkan pejabat pembuat komitmen,” terangnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *