oleh

Akan Bangun Ring Road, Bupati Panggil PTFI

TIMIKA – Sebelum pembangunan ring road atau jalan lingkar luar di sisi Timur Kota Timika mulai dari Mile 32 sampai Pomako dibangun, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH memanggil PT Freeport Indonesia (PTFI) serta kontraktor dan privatisasinya dalam rapat yang digelar, Kamis (30/1) kemarin.

Pertemuan digelar tertutup di Grand Mozza Hotel dan turut dihadiri Pj Sekda Mimika, Drs Marthen Paiding, MMT serta beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Pertemuan berlangsung sekitar tiga jam dan dipimpin langsung oleh Bupati Eltinus Omaleng.

Ditemui wartawan usai rapat, Bupati Omaleng mengatakan rapat itu digelar bersama PT Freeport Indonesia, PT Puncak Jaya Power serta PT Pangan Sari Utama. Itu terkait rencana pembangunan jalan oleh Pemda Mimika mulai dari Mile 32 sampai Pomako.

Pembangunan sendiri akan dimulai tahun ini. Mengingat jalur pembangunan jalan akan memanfaatkan bekas jalan tambang PT Freeport Indonesia atau Jalan Freeport Lama maka, Bupati meminta supaya PTFI memindahkan jaringan listrik termasuk gardu yang ada di depan Bandara Mozes Kilangin.

“Kami mau supaya tiang listrik yang dari Gorong-gorong sampai Mile 32 termasuk gardu listrik di depan bandara itu dipindahkan supaya dikosongkan, kita mau bikin jalan besar sampai di Pomako sana,” terangnya.

PTFI menurut Bupati Omaleng pada dasarnya menyetujui permintaan Pemda Mimika itu. Bahkan tanpa adanya proyek pembangunan jalan oleh Pemda, PTFI memang sudah berencana memindahkan jaringan listriknya. Terutama mulai dari Check Point 28 sampai di gorong-gorong karena tiangnya terlalu rendah.

“Mereka sudah rencanakan, begitu kita punya program masuk, sudah konek,” tandas Bupati Omaleng.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *