oleh

Sambut Nyepi, Umat Hindu Gelar Donor Darah

TIMIKA – Dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1942, umat Hindu di Mimika yang tergabung dalam Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Mimika menggelar aksi donor darah pada Minggu (15/3) di Pura Mandhira Mihika Mandaloka yang berada di Kelurahan Wonosari Jaya (SP 4).

Ketua PHDI Mimika, I Nyoman Dwitana kepada Radar Timika melalui telepon, mengatakan aksi donor darah bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Mimika merupakan kegiatan rutin setiap tahun menjelang Hari Raya Nyepi.

Tahun ini kembali dilaksanakan diikuti oleh umat Hindu di Mimika. Tapi juga turut didukung oleh anggota TNI dan Polri. Sehingga aksi donor darah itu bisa menghasilkan 45 kantong darah untuk dikelola oleh UTD RSUD Mimika.

Diharapkan dari hasil donor darah dapat membantu ketersediaan darah di rumah sakit untuk ditransfusikan kepada orang yang membutuhkan. Apalagi kebutuhan darah di Timika sangat tinggi dan terkadang rumah sakit kesulitan dalam menyediakan darah yang dibutuhkan oleh pasien.

Nyoman mengatakan tema nasional Hari Raya Nyepi tahun ini adalah ‘Keunggulan dan Kerukunan Umat Beragama Menuju Indonesia Maju’. Dengan harapan lewat Hari Raya Nyepi tahun ini bisa meningkatkan kerukunan antar umat beragama khususnya di Mimika yang sudah terjalin sejak lama.

Dengan situasi sekarang ini, Nyoman berpesan agar umat meningkatkan gerakan kesadaran hidup sehat apalagi dengan mewabahnya virus Corona.

“Diharapkan kita umat beragama jangan panik, tetap menjaga kesehatan lingkungan serta keluarga dan memproteksi kesehatan diri sendiri untuk mencegahnya,” tandas Nyoman.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *