oleh

Belum Ada Temuan Covid-19 di Mimika

TIMIKA – Mewabahnya virus corona atau Covid-19 yang sudah ditetapkan sebagai pandemic global oleh Badan Kesehatan Dunia mulai ditemukan di beberapa provinsi di Indonesia. Di Kabupaten Mimika sendiri, Pemerintah Daerah menyatakan belum adanya temuan orang yang terinfeksi Covid-19. Untuk itu, masyarakat diminta tetap tenang namun waspada.

Saat memimpin apel pagi Senin (16/3) di Kantor Pusat Pemerintahan, Penjabat Sekretaris Daerah Mimika, Drs Marthen Paiding, MMT mengatakan beberapa daerah di Indonesia sekarang ini sudah dinyatakan endemi. “Untuk itu kita selalu waspada menjaga kesehatan, menjaga diri dan menjaga lingkungan,” katanya.

Berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan dan instansi terkait lainnya, Pj Sekda memastikan bahwa informasi mengenai adanya Corona masuk Timika dan ada pasien diduga suspect dirawat di RS Tembagapura sama sekali tidak benar. “Ini informasi yang beredar di masyarakat, Pemda melalui Dinkes sudah beri informasi bahwa itu tidak benar,” tandasnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Reynold Ubra menambahkan, berdasarkan data sistem kewaspadaan dan respon sampai minggu ke-10, tidak ditemukan pasien yang memiliki gejala terinfeksi novel Covid-19.

Pemeriksaan terhadap orang dengan gejala kata Reynold cukup sederhana. Punya batuk pilek dan suhu tubuh. Sebagai antisipasi, tim kesehatan melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan terus melakukan pemeriksaan orang yang masuk dan keluar melalui pelabuhan udara dan laut. Dengan cara pemeriksaan suhu tubuh sejak 28 Januari 2020 lalu. “Jadi sebenarnya kami bekerja bukan baru kali ini, kami sudah bekerja di Papua yang sudah melakukan awal hanya Merauke dan Mimika,” terangnya.

Dalam penanganan penyebaran virus ini, ditegaskan Reynold, Dinkes tidak bisa bekerja sendiri. Harus terpadu sebagai upaya kontijensi berdasakan Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 dimana yang menjadi leading sector adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sama halnya di tingkat pusat oleh BNPB.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *