oleh

Pemda Tender 1.177 Paket Kegiatan

TIMIKA – Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika pada Tahun Anggaran 2020 ini melakukan tender 1.177 paket kegiatan. Tidak hanya kegiatan yang ditenderkan, juga terdapat 1.088 kegiatan yang swakelola. Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Setda Mimika, Bambang Wijaksono ketika ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan, Selasa (17/3) kemarin.

Seluruh kegiatan itu kata Bambang sudah diinput dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP). Hanya saja masih ada dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum input RUP. Paket yang ditenderkan maupun yang swakelola itu senilai Rp 1 triliun lebih.

Hanya saja kata Bambang, yang sudah lelang baru 56 paket kegiatan dengan pagu anggaran sekitar Rp 144 miliar. Dari 56 kegiatan ada 38 paket yang belum selesai tender. Jadi baru 18 kegiatan yang sudah selesai tender bahkan sudah berjalan.

Kegiatan yang sedang dilelang sebagian besar dalam rangka persiapan PON dan Pesparawi karena memang sudah berproses sejak awal. Sementara kegiatan lain ditargetkan baru mulai tender pada Bulan Mei mendatang apalagi yang nilainya sekitar Rp 500 juta.

Proses tender lanjut Bambang juga membutuhkan waktu. Bahkan ada beberapa paket yang harus lelang ulang karena lelang awal banyak yang tidak memenuhi persyaratan. Ada yang hanya satu penyedia yang mengajukan penawaran. Ada juga paket yang ditender banyak kontraktor tapi tidak memenuhi syarat sehingga gagal dan harus lelang ulang. “Ada beberapa OPD yang tender ulang karena persyaratan tidak memenuhi. Tidak bisa dipaksakan kalau bermasalah akhirnya harus tender ulang,” paparnya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *