oleh

RSUD Jadi Pusat Rujukan Covid-19 di Mimika

TIMIKA – Meski belum ada temuan Covid-19 di Mimika, namun Pemerintah Daerah bersama instansi terkait sudah menyiapkan berbagai langkah mulai dari pencegahan sampai pada penanganan bilamana ada temuan. Rumah Sakit Umum Daerah Mimika akan dijadikan pusat rujukan pasien suspect.

Pemda Mimika dipimpin Wakil Bupati, Johannes Rettob, SSos MM dan Pj Sekda, Drs Marthen Paiding, MMT bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Selasa (17/3) kemarin di ruang rapat Kantor Pusat Pemerintahan.

Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo bahwa penetapan status gawat darurat diserahkan kepada Pemda sesuai kondisi masing-masing. Tapi ditegaskan Wabup Rettob bahwa di Mimika dipastikan belum sampai pada status darurat karena belum ada satupun temuan.

Mengenai pencegahan, Pemda Mimika akan meningkatkan pengawasan terhadap orang yang masuk dan keluar melalui pelabuhan udara maupun laut. Mengingat mobilitas penduduk di Timika cukup tinggi. Satu hari bisa ada 1.000 orang yang melakukan penerbangan.

Selama ini sudah dilakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermo scan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan. Hanya saja alatnya terbatas hanya 2. Sehingga Dinkes Mimika dan RSUD siap membantu menyiapkan thermo scan serta turut menempatkan tenaga.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *