oleh

Dewan Sarankan Satpol PP Lebih Perketat Pengawasan THM

TIMIKA-Aksi Pemda Mimika melalui Satpol PP yang telah melakukan aksi penertiban lokasi Tempat Hiburan Malam (THM), yang dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona diapresiasi oleh anggota dewan.

Namun, kinerja dari Satpol PP ini diharapkan tidak hanya dilakukan pada saat mewabahnya virus corona saja, namun diharapkan dapat dilakukan secara kontinyu, agar dapat meminimalisir adanya tindak kriminalitas yang biasanya berawal dari lokasi THM.

Hal itu diungkapkan oleh Politisi Partai Gerindra, Tanzil Azharie, Senin (23/3) di Jalan Budi Utomo. Dikatakanya, Satpol PP sebagai penegak Perda, seharusnya tidak hanya bergerak berdasarkan instruksi bupati yang dikeluarkan pada saat dibutuhkan. Namun, sebagai penegak Perda, Satpol PP diminta untuk melaksanakan penertiban kegiatan dan aktivitas malam, yang akan menjurus ke arah kriminalitas.

Satpol PP sebut Tanzil, diharapkan tidak bergerak hanya pada saat ada instruksi saja, namun tetap melakukan tugas, pokok dan fungsinya secara berkala.

“Diharapkan Satpol PP ini harus laksanakan penertiban, pemantauan apa apapun sesuai tugas, pokok dan fungsinya. Jangan hanya nunggu bencana saja, mereka harus siap,” ujarnya.

Dijelaskan Tanzil, Satpol PP yang menjadi kepanjangan tangan dari Pemda harus bekerja keras, bukan hanya sekedar melaksanakan tugasnya pada pagi dan siang hari saja. Pada malam hari terutama ketika tindak kriminalitas semakin rawan, di sinilah tugas mereka diuji.

“Bukan hanya pagi, siang saja ngantor, tapi malam juga harus mereka (Satpol PP) pantau,” jelasnya.

Selain penertiban THM untuk mencegah wabah virus corona, pintu masuk warga dari luar Timika yakni di kawasan Pelabuhan sebut Tanzil, juga harus dipantau. Satpol PP sebutnya, harus melakukan koordinasi dengan melibatkan dinas teknis seperti Disdukcapil sampai aparat TNI dan Polri. Selain itu, sebagai warga, bila diminta, juga akan siap untuk membantu terlaksananya penertiban masyarakat demi kepentingan bersama.

Sementara itu, untuk pemberlakukan bekerja, bekerja dan beribadah dari rumah untuk mencegah penularan virus corona kata Tanzil, hal ini memang harus didukung penuh oleh masyarakat. Walaupun masyarakat masih kurang memahami instruksi pemerintah ini, dengan terlihat masih banyaknya masyarakat yang berkeliaran di luar rumah, namun diharapkan masing-masing pribadi tetap menjaga kesehatan dan kebersihan diri.

“Imbauan ini sangat bagus, apapun yang dilakukan pemerintah sekarang ini sudah jor-joran, tidak ada dana bagaimana untuk dorong kekuatan untuk sosialisasi,” jelasnya.

Bahkan, pemerintah juga kata Tanzil, diharapkan dapat terus melibatkan peranan dari media sebagai corong pemberitaan, untuk mensosialisasikan mengenai virus corona. Jika masker diberikan kepada masyarakat, maka pemerintah juga diminta memberikan bahkan tiga masker untuk para wartawan.

“Lihat pekerja persnya, kalau satu masker untuk masyarakat langsung, tiga masker untuk teman-teman (wartawan) yang bekerja di lapangan,” pungkasnya. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *