oleh

Bupati Minta Pemerintah Pusat Permudah Pengadaan Alkes

TIMIKA – Kurangnya alat kesehatan terutama Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis menjadi kendala utama dalam penanganan Covid-19 di Mimika. Untuk itu Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH meminta pemerintah pusat memberi kemudahan dalam proses pengadaan.

Ketika menggelar teleconference dengan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian di Kantor Pusat Pemerintahan pada Jumat (3/4) kemarin meminta dukungan dalam memenuhi kebutuhan daerah dalam menangani Covid-19.

Pengadaan alat kesehatan saat ini kata Bupati Omaleng, hanya melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Jelas kata Bupati, dengan tingginya permintaan dari semua daerah pasti tidak bisa dipenuhi seluruhnya. Kalaupun ada pasti terlambat.

Bahkan pemerintah pusat mendistribusikan alkes termasuk APD ke daerah melalui provinsi. “Sehingga untuk kebutuhan kita di sini terlambat, tidak dapat. Kadang-kadang mereka yang tahan di sana padahal peruntukan Mimika ada ratusan tapi dikirim sebagian besar ditahan di provinsi,” terangnya.

Makanya Pemda Mimika akan mengambil langkah sendiri untuk melakukan pengadaan. Dengan harapan pemerintah pusat memberi ruang kepada daerah untuk bisa melakukan pengadaan melalui perusahaan swasta agar bisa dikirim secepatnya.

Pemda Mimika sudah bekerjasama dengan maskapai Garuda Indonesia untuk angkut cargo demi memenuhi kebutuhan alkes penanganan Covid-19 di Mimika. Awalnya Pemda berharap dari pesawat Herkules TNI, tapi karena jadwal yang tidak menentu sehingga menjadi kendala dalam pengiriman logistic.

“Mulai tanggal 4 (hari ini), cargo kita pakai Garuda Indonesia untuk layanan cargo. Hanya Garuda Indonesia itupun tidak setiap hari,” tegasnya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *