oleh

Satu Pasien Covid-19 di Mimika Meninggal Dunia

TIMIKA – Seorang pasien yang sudah dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Mimika, meninggal dunia pada Jumat (3/4) sekitar Pukul 20.55 WIT di salah satu rumah sakit di Mimika.

Pasien yang diberi label pasien 03 ini sudah menjalani perawatan sejak Minggu (28/3) lalu di RS tersebut. Kabar meninggalnya pasien Covid-19 ini disampaikan Juru Bicara Covid-19 Provinsi Papua, dr Silwanus Sumule kepada wartawan.

“Dengan berat hati saya sampaikan, hari ini 3 April 2020 jam 20.55 WIT salah satu pasien Covid 19 yang di rawat di salah satu rumah sakit di Kabupaten Mimika telah dipanggil Tuhan,” tulis Silwanus dalam pesan WhatsApp yang dibagikan kepada wartawan.

“Petugas medis telah berupaya semaksimal mungkin, namun Tuhan berkehendak lain. Mari terus bergandengan tangan untuk kita bersama2 bersatu padu melawan Covid-19,” lanjut Silwanus dalam pesannya.

Pasien 03 dinyatakan positif berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium. Awalnya pasien 03 diduga terpapar virus corona karena memiliki riwayat perjalanan ke Jayapura. Tapi belakangan, tim gugus tugas Covid-19 Mimika menduga pasien 03 terpapar karena transmisi lokal.

Kasus 03 ini juga memiliki hubungan erat dengan pasien 02 yang juga positif. Keduanya disebut berkaitan dengan meninggalnya salah seorang warga Timika yang menjadi peserta kegiatan di Lembang, Jawa Barat. Kegiatan tersebut menjadi salah satu klaster penularan Covid-19.

Ketika peserta kegiatan Lembang itu meninggal pada 16 Maret 2020 lalu, pasien 02 dan 03 melakukan ziarah. Sehingga memiliki kontak riwayat erat. Namun meninggalnya warga Timika peserta kegiatan Lembang itu tidak dilakukan pemeriksaan laboratorium. (sun)

PDP Yang Dirawat di RS Bertambah Jadi 13 Orang

SEMENTARA itu, jumlah warga yang diduga terpapar virus corona atau Covid-19 juga terus bertambah setelah Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Mimika melakukan tracing terhadap orang-orang yang memiliki kontak erat baik risiko tinggi maupun risiko rendah dengan pasien yang sudah dinyatakan positif Covid-19.

Berdasarkan data yang dirilis Juru Bicara Covid-19 Mimika, Reynold Ubra pada Jumat (3/4) kemarin ada penambahan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang totalnya mencapai 147 orang.

PDP sudah berjumlah 39 orang. 13 diantaranya sedang menjalani perawatan di RSUD Mimika serta salah satu rumah sakit swasta. Jumlah ini bertambah, dari hari sebelumnya hanya 11 orang. ODP juga bertambah dari sebelumnya 22 jadi 26 orang. OTG juga demikian bertambah tiga orang dari 79 jadi 82 orang.

Reynold mengatakan sebelumnya sudah ada lima sampel yang dirujuk ke Jayapura dan hasilnya 3 positif dan 2 negatif. Tim kembali merujuk 7 sampel Jumat (3/4) kemarin.

Reynold menjelaskan 7 sampel yang baru dikirim tersebut dua diantaranya adalah sampel dari pasien 01 dan 02. Sesuai protokol Covid-19, pemeriksaan dilakukan kembali untuk melihat status apakah sudah negatif. Karena kondisi kedua pasien tersebut sudah membaik. Jika hasil laboratorium negatif maka, keduanya dikeluarkan dari ruang isolasi dan dinyatakan sembuh.

Sementara lima sampel lainnya adalah sampel dari 5 PDP baru yang kini menjalani perawatan. Sampel dikirim ke Jayapura untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium.”Sampel tadi (kemarin) sudah dikirim semoga besok (hari ini) sudah ada hasil,” tandasnya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *