oleh

Warga yang Sakit Diminta Tidak Panik datang ke Faskes

TIMIKA – Wakil Ketua II DPRD Mimika, Yohanis Felix Helyanan mengatakan, dengan kondisi semakin maraknya wabah Covid-19 di Kabupaten Mimika saat ini, diharapkan tidak menimbulkan rasa panik berlebihan kepada warga yang sedang mengalami sakit lain.

Kepada Radar Timika via telepon, Senin (13/4), Jhon Tie mengatakan jika warga mengalami keluhan sakit lainnya diharapkan tidak takut dan tidak panik untuk datang berobat ke sarana Fasilitas Kesehatan (Faskes) seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) atau seluruh Puskesmas.

“Saya mengajak warga apabila ada gejala sakit atau pun keluhan lainnya apalagi menyangkut soal kesehatan diri, untuk tidak takut apalagi panik untuk berobat ke fasilitas kesehatan yang ada, baik Puskesmas dan RSUD milik pemerintah,” ujarnya.

Disebutkan, saat ini pemerintah sedang fokus untuk menangani pasien Covid-19, tetapi warga yang datang dengan keluhan penyakit lain dijamin pasti dilayani oleh para petugas.

Dirinya juga berharap kepada TGTPP atau seluruh petugas medis untuk selalu menyampaikan sosialisasi secara terbuka kepada masyarakat tentang langkah-langkah pencegahan penularan Covid-19, dan memastikan standar dan keamanan untuk penanganan Covid-19 sangat dijamin.

Lanjutnya, Tim Gugus yang mempunyai tugas pokok dalam penanganan juga sebaiknya memberikan sosialisasi kepada warga secara langsung tentang apa itu Covid-19 dan langkah-langkah pencegahan kepada warga. Pasalnya dengan kondisi ekonomi keluarga yang saat ini sedang dalam suasana memprihatinkan, agar bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang sangat murah. Dan itu hanya ada di RSUD atau Puskesmas terdekat.

“Warga ada yang sakit lain atau ada emergency kecelakaan atau melahirkan, sebaiknya jangan ragu untuk ke RSUD dan Puskesmas milik pemerintah, agar tidak lagi terbebani dengan biaya pengobatan,” ajaknya.

Lebih lanjut Jhon Thie berharap, wabah Covid-19 yang melanda Timika cepat berlalu dan semua aktifitas masyarakat termasuk perekonomian bisa kembali normal seperti sedia kala.

“Saya harap masa sulit ini segera berlalu dan kita semua bisa beraktifitas normal seperti biasanya,” imbuhnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *