oleh

Bea Cukai Berikan Bantuan 200 Liter Alkohol Kepada Gugus Tugas Covid-19

TIMIKA – Bea Cukai Amamapare memberikan bantuan 200 liter alkohol 98 persen kepada Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19, sebagai bentuk dukungan usaha pemerintah untuk memerangi pandemi virus corona yang kini sudah mulai menyebar di 5 distrik, dimana 4 distrik diantara sudah masuk zona merah yakni distrik yakni Distrik Mimika Baru, Wania, Kuala Kencana, Tembagapura dan Mimika Timur yang sudah masuk zona kuning.

Peyerahan alkohol ini dipimpin langsung Kepala Sub Bagian Bea Cukai Amamapare, Widodo dan diterima oleh Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra yang berlangsung di Sekretariat Gugus Tugas, Kamis (16/4).

“Alkohol sudah sulit ditemukan di apotek dan hand sanitizer. Dengan bantuan ini kami harapkan bisa digunakan untuk membuat hand sanitizer. Membantu teman-teman medis dalam menangani pasien,” katanya.

Bea Cukai Amamapare siap bekerjasama dengan Pemda Mimika untuk memerangi pandemi ini, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 7 Tahun 2020 dan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07 Tahun 2020 yang mengatur relaksasi beberapa komoditas alat kesehatan untuk keperluan penanganan Covid-19, dimana sebelumnya impor alat kesehatan secara umum berlaku ketentuan pembatasan atau harus memiliki perizinan impor berupa izin edar atau Special Access Scheme (SAS) dari Kementerian Kesehatan.

Ia menjelaskan dengan diterbitkannya aturan ini, alat kesehatan, alat kesehatan diagnostic in vitro dan perbekalan kesehatan rumah tangga yang digunakan untuk penanggulangan Covid-19 yang tercantum dalam peraturan tersebut di atas, diberikan relaksasi yaitu tidak lagi wajib izin edar atau SAS, melainkan hanya dengan rekomendasi pengecualian izin dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Namun selain bantuan alkohol dan relaksasi, Bea Cukai Amamapare juga terus memberikan bantuan masker kepada instansi yang membutuhkan.

“Selama ini kami juga terus memberikan bantuan kepada instansi yang membutuhkan masker. Satu persatu instansi di Kabupaten Mimika kami datangi dan kami sumbangkan masker,” tutupnya.(ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *