oleh

Garuda Optimalkan Isian Kargo Pesawat

TIMIKA – Untuk mendukung kelancaran distribusi bantuan kemanusiaan dan kebutuhan logistik di beberapa daerah di wilayah Indonesia Timur dan Kalimantan termasuk Kabupaten Mimika, maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berupaya mengoptimalkan isian kargo pada pesawat penumpang melalui layanan penerbangan carter dan regular.

CEO PT Garuda Indonesia Regional Kalimantan, Sulawesi dan Papua, Aryo Wijoseno melalui rilis kepada Radar Timika, Kamis (16/4) malam mengatakan bahwa Garuda Indonesia secara berkelanjutan terus berupaya memaksimalkan pengiriman barang-barang kargo udara untuk kebutuhan logistic masyarakat Indonesia yang dilakukan melalui optimalisasi isian angkutan kargo pesawat.

Ia mengatakan, di situasi yang penuh dengan tantangan ini, maskapai Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan nasional sangat menyadari pentingnya keberlangsungan layanan distribusi kebutuhan logistik masyarakat untuk menjadi prioritas utama Garuda Indonesia.

“Jadi ini kami lakukan dengan memastikan keberlangsungan layanan operasional kargo udara dapat semakin optimal,” kata Aryo.

Salah satu bentuk optimalisasi isian angkutan kargo jelas Aryo adalah melalui memaksimalkan kompetemen penumpang pada penerbangan yang tidak mengangkut penumpang untuk isian kargo yang diperbolehkan diangkut di kabin pesawat (general cargo).

Kebijakan ini dilakukan sejalan dengan surat edaran Kementerian Perhubungan Nomor 17 Tahun 2020 yang memperbolehkan pesawat konfigurasi penumpang untuk mengangkut isian kargo pada kompetemen penumpang dengan ketentuan tanpa adanya isian penumpang.

Namun hal ini dilakukan dengan pengawasan penuh terhadap aspek regulasi keselamatan penerbangan, dimana seluruh barang kargo yang diangkut pada kabin pesawat dikemas sesuai dengan standar safety penerbangan.

Dan untuk memastikan kebersihan dan sterilisasi kabin pesawat tersebut, Garuda Indonesia juga menerapkan prosedur penyemprotan cairan disinfektan terhadap kemasan barang kargo baik saat dimasukkan kedalam pesawat maupun saat dikeluarkan dari pesawat.

“Rute yang melayani pengiriman angkutan kargo adalah Jakarta-Makassar, Makassar-Jakarta, Makassar-Timika, Timika-Makassar, Timika-Jayapura dan sebaliknya Jayapura-Timika. Dengan periode penerbangan akan disesuaikan dengan tarif permintaan pengiriman kargo yang ada. Atau untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi melalui WhatsApp service cargo Makassar di 082347349907,” jelasnya.(ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *