oleh

Kapolda dan Pangdam Tinjau Posko Satgas Gabungan di MP-39

TIMIKA- Untuk mendukung operasi penegakan hukum terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Kabupaten Mimika, maka PT Freeport Indonesia (PTFI), telah menyiapkan tempat yang nantinya dijadikan Posko Satuan Tugas (Satgas) Gabungan TNI dan Polri yang berada di Mile Point (MP)-39, Distrik Kuala Kencana.

Oleh sebab itu untuk melihat lokasi tersebut, Kapolda Papua, Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw bersama Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab, dan Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI Abdul Haris Napaleon, Kamis (16/4) kemarin meninjau langsung posko tersebut.

Kapolda Papua yang ditemui wartawan di lokasi tersebut menjelaskan, bahwa ia bersama Pangdam XVII/Cenderawasih, telah ditunjuk oleh Kapolri dan Panglima TNI sebagai penanggung jawab penegakan hukum terhadap KKB di Papua.

“Jadi kami melaksanakan perintah itu, oleh sebabnya kami bersinergi dengan pihak PT Freeport Indonesia, agar kita diberikan ruang atau tempat untuk membangun semacam Command Center Komando. Makanya kami diberikan tempat di sekitar Mile 39 ini. Jadi kami datang untuk lihat lokasi dan bangunannya,”jelas Kapolda.

Bahkan menurut Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpauw bahwa tempat disiapkan PTFI di MP 39 itu, dianggap sangat strategis dan bisa menjangkau wilayah Kota Timika hingga Tembagapura.

“Sangat strategis, kalau ada apa-apa di Mile 40, 50 sampai 68 sana maka letaknya sudah sangat dekat. Jadi kami cek langsung ini untuk lihat, kira-kira mana yang bisa digunakan untuk satuan tugas kami,”ucapnya.

Selanjutnya kata Kapolda saat ini ia bersama Pangdam XVII/Cenderawasih, akan melakukan koordinasi dengan satuan tugas yang ada di Mimika, dalam rangka penggunakan lokasi dan bangunan tersebut untuk di jadikan posko Satgas gabungan TNI dan Polri itu.

“Masih kita susun dan kalau sudah siap akan kita tinjau lagi,”tukasnya. (tns)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *