oleh

Baznas: Besaran Zakat Fitrah Masih Sama dengan Tahun Lalu

TIMIKA – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Mimika, H Umar Habib mengungkapkan, besaran Zakat Fitrah untuk Tahun 2020 masih sama dengan Tahun 2019. Besaran Fidyah juga dipastikan akan sama dengan tahun sebelumnya.

H Umar Habib disela-sela pertemuan para pengurus masjid se-Kabupaten Mimika bersama Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob dan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 di Mimika, Reynold Ubra, Selasa (21/4) kemarin menyatakan, besaran tersebut sesuai dengan hasil survei yang dilakukan Baznas di beberapa toko penyalur beras.

“Harga beras yang dikonsumsi masyarakat di Kabupaten Mimika hampir tidak ada kenaikan dari tahun lalu. Yakni di kisaran Rp 11 ribu hingga 13 Ribu. Jadi besaran zakat fitrah, masih sama yakni Rp 35 ribu, seperti kemarin,” ungkapnya.

Besaran fidyah juga disebut tidak berubah, yakni sebesar Rp 30 ribu.

Sementara, teknis pembayaran, dilakukan sesuai dengan waktu yang berlaku yakni dari pukul 05.00 WIT atau 06.00 WIT pagi hingga pukul 14.00 WIT siang.

“Kepada seluruh penanggung jawab di masjid melakukan hal yang sama. Misalnya penerimaan zakat fitrah dilakukan di masjid,” jelasnya.

“Kepada semua yang akan menunaikan zakat terutama zakat mal dilakukan secepatnya. Karena sudah ada masyarakat yang terdampak dan sangat membutuhkan. Walaupun sudah ada jaminan dari pemerintah, tetapi sebaiknya kewajiban kita juga kita lakukan segera,” kata Umar Habib.

Sedangkan protokol pembagian zakat, dipastikan juga akan mengikuti batasan jam operasional yang sudah ditetapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika. “Jadi yang kami harapkan agar PJ yang ada bisa mengelola zakat dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Di sisi lain, dalam hal infaq dan shadaqah, bisa diberikan kepada semua masyarakat yang membutuhkan. Hal itu dikatakan tanpa memandang apa RAS penerimanya.

“Khusus untuk infak dan shadaqah. Karena sudah ada surat edaran Kementerian Agama dan penyampaian dari Ketua Baznas Indonesia,” tutupnya.(dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *