oleh

Pedagang Besi Tua Resmi Jadi Tersangka Kasus Penadahan Aki

TIMIK- Penyidik Satreskrim Polres Mimika telah resmi menetapkan seorang pemilik tempat jual beli besi tua berinisial S, sebagai tersangka dalam kasus penadahan barang curian, yakni aki lampu penerangan jalan raya dicuri oleh tersangka IK alias Kangkung.

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, SIK dalam rilis resminya yang diterima Radar Timika, Kamis (23/4) kemarin, menjelaskan bahwa penetapan pemilik tempat jual beli besi tua yang ada di Jalan Leo Mamiri itu sebagai tersangka kasus penadahan barang curian, setelah jajaran Satreskrim Polres Mimika melaksanakan gelar perkara kasus tersebut pada Rabu (22/4) lalu yang dipimpin langsung Kasat Reskrim, AKP Burhanuddin Hanafi, SH SIK MH.

“Berdasarkan berita acara pemeriksaan  dengan bukti yang cukup maka penyidik menyimpulkan dan menetapkan, S pemilik lapak besi tua yang berada di Jalan Leo Mamiri sebagai tersangka perkara penadahan dari aki lampu penerangan jalan, yang dicuri oleh tersangka IK alias Kangkung, dan saudaranya yang berinisial JK alias Jefri,”jelas Kapolres.

Tersangka S sendiri dipersangkakan Pasal 480 KUHP tentang penadahan, dengan ancaman pidana 4 tahun penjara.

Selain menetapkan pemilik tempat jual beli besi tua sebagai tersangka, kata Kapolres bahwa Polres Mimika kini telah menerbitkan Daftar Pencarian Orang (DPO), terhadap pelaku JK alias Jefri yang juga merupakan adik kandung dari tersangka IK alias Kangkung.

“Polres sudah terbitkan DPO untuk pelaku JK,”singkat Kapolres

Untuk diketahui bahwa tersangka IK alias Kangkung diamankan pihak kepolisian, Sabtu (18/4) lalu setelah Polres Mimika, menerima laporan pengaduan pada Jumat (17/4) lalu, terkait adanya kasus pencurian sejumlah aki lampu penerangan jalan raya.

Di mana kronologis penangkapan tersangka IK alias Kangkung bermula saat jajaran Satreskrim Polres Mimika, yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Mimika melakukan penyelidikan di lapangan.

Dan dari hasil penyelidikan dan pemantauan di lapangan, pihak kepolisian mengamankan sekelompok oknum masyarakat di seputaran Jalan Hasanuddin. Kemudian dari keterangan salah satu masyarakat yang diamankan, mengungkapkan pelaku pencurian.

Lalu berdasarkan keterangan itulah Tim Satreskrim Polres Mimika, kemudian bergerak untuk mengamankan tersangka IK alias Kangkung, bersama 22 buah aki lampu penerangan jalan raya yang telah dijual ke tempat pembelian besi tua.

Akibat perbuatan tersangka IK alias Kangkung, dipersangkakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman pidana 7 tahun penjara. (tns)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *