oleh

Kapus Timika Minta Masyarakat Jujur dan Tetap Tinggal Di Rumah

TIMIKA- Penyebaran virus corona (COVID-19) yang semakin meluas di Kabupaten Mimika dengan jumlah pasien positif tertinggi se Provinsi Papua, Puskesmas Timika yang menjadi salah satu lini terdepan dalam upaya deteksi kasus ini, meminta masyarakat yang datang berobat jujur menyampaikan riwayat perjalanan dan kontak kepada petugas. Serta meminta masyarakat, yang tidak memiliki urusan mendesak di luar rumah untuk tetap tinggal di rumah.

Kedua hal ini diyakini akan membuat penanganan wabah yang meresahkan dunia ini,  bisa terdeteksi dan diatasi dengan cepat. Jangan malu dan takut dikucilkan, namun harus tetap yakin kalau semua bisa dilalui.

“Kami mohon kejujuran. Jujur. Kalau memang kamu sudah terpapar dengan orang positif. Datang lapor ke posko atau ke Fasyankes terdekat supaya cepat dipantau dan ditangani. Jangan tunggu sakit berat atau sudah menularkan ke orang lain baru datang dan tolong tinggal di rumah, jangan jalan ke sana kamari. Kalau kalian ingin menolong petugas kesehatan, tinggal di rumah,” kata Kepala Puskesmas Timika, Maria Yosinta, Kamis (23/4) lalu.

Ia mengatakan kejujuran masyarakat yang datang berobat akan menyelamatkan orang-orang yang ada di sekitarnya. Salah satunya tenaga kesehatan, sebagimana diketahui dalam beberapa kasus tenaga kesehatan ikut terinfeksi Covid-19 karena ketidakjujuran pasien.

Akhirnya, tenaga kesehatan harus diisolasi, bahkan ada yang meninggal dunia. Padahal, kehadiran tenaga kesehatan justru sangat dibutuhkan di tengah pandemi Covid-19.

Sementara tinggal di rumah diyakini sebagai cara efektif menekan laju penularan wabah ini. Pasalnya, Covid-19 ditularkan melalui kontak manusia ke manusia. Jika mobilitas atau pergerakan warga masih tinggi, maka pengendalian penularan virus ini juga akan semakin lama.

“Memang kami sempat panik dalam menangani hal ini karena kami tidak memiliki APD yang terstandar. Namun seiring berjalannya waktu bantuan terus berdatangan dari berbagai kalangan yang peduli Covid-19 ini dan itu kami sangat bersyukur sekali karena kami tidak sendiri kami mendapat dukungan. Dan kami juga berharap dan sangat berharap kepada semua masyarakat untuk membantu kami dengan kejujuran dan tetap di rumah,” tutupnya. (ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *