oleh

Distanbun Bagikan Bibit Kepada 50 Kelompok Tani dan 500 KK

TIMIKA – Untuk memenuhi kebutuhan pangan di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Mimika menggalakkan penanaman tanaman jangka pendek oleh petani maupun skala rumah tangga.

Dengan menggunakan anggaran sebesar Rp 1 miliar yang dialokasikan untuk penanganan Covid-19 di sektor pangan, Distanbun menyediakan benih sayur serta sarana produksi pertanian untuk dibagikan kepada 50 kelompok tani dan 500 kepala keluarga tani yang ada di lima distrik.

Penyerahan digelar, Selasa (5/5) oleh Staf Ahli Pemda Mimika, Cherly Lumenta didampingi Kepala Distanbun Mimika, Yohana Paliling kepada perwakilan kelompok tani.

Adapun jenis benih yang dibagikan diantaranya cabe rawit, sawi, kangkung cabut, bayam, terong, kacang panjang, tomat, jagung manis dan jagung komposit. Selain benih Distanbun juga menyertakan pupuk NPK, pupuk organik, herbisida, insektisida, handsprayer, keranjang pasca panen, timbangan, karung, kantong plastik dan kantong kemasan.

Staf Ahli Pemda Mimika, Cherly Lumenta mengatakan bantuan sarana produksi pertanian berupa benih dan peralatan pasca panen dari Pemda Mimika sebagai motivasi kepada petani untuk meningkatkan produksi.

Terutama di tengah situasi Covid-19 sekarang ini, Pemda Mimika memberikan pencerahan untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan pangan. “Karena itu kebijakan ini sangat mendukung pemerintah untuk menyiapkan stok pangan berupa sayur dan buah,” katanya.

Untuk itu Cherly berharap petani bisa menggunakan dan mengolah sebaik-baiknya demi ketahanan pangan di Mimika dalam menghadapi situasi wabah sekarang ini. Petani diharapkan tetap menjaga produksi agar tidak terjadi kelangkaan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *