oleh

Bea Cukai Kembali Serahkan APD ke Delapan Faskes

TIMIKA – Untuk mendukung Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika menangani penyebaran Covid-19 yang terus bertambah, Bea Cukai Amamapare kembali menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada delapan Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang terdiri dari dari enam Puskesmas yakni, Kwamki Lama, Ayuka, Wania, Bhintuka, Limau Asri dan Mapurujaya dan dua rumah sakit, RSMM dan RSUD.

APD yang diberikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing Faskes dimana untuk ke enam Puskesmas mendapatkan masing-masing 20 hazmat PVC, 100 masker kain, 5 masker KN95 dan 5 face shield. Sementara untuk RSMM yakni 18 hazmat spundbond, 100 hazmat PVC, 30 masker KN95, 3 kotak handscoon, 20 face shield dan 5 googles. Dan untuk RSUD yakni 18 hazmat spundbond, 30 hazmat reusable, hazmat 50, hazmat PVC 20, handscoon 3 kotak, 5 googles dan 30 masker KN95.

“Sebelumnya kan kita sudah memberikan APD, namun ternyata teman-teman masih sangat membutuhkan bantuan APD lagi dan itu kita catat terus kita lakukan pengadaan untuk membantu mereka, karena memang dalam menangani Covid-19 ini APD sangat penting bagi dokter dan perawat,” kata Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai, Agus Rifa’i kepada Radar Timika, Jumat (15/5).

Ia mengatakan, Bea Cukai akan terus mendukung setiap upaya yang dilakukan pemerintah daerah untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Mimika, serta siap membantu pemerintah mendatangkan APD yang dibutuhkan sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 7 Tahun 2020 dan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07 Tahun 2020 yang mengatur tentang relaksasi beberapa komoditas kesehatan untuk keperluan penanganan Covid-19, dimana sebelumnya impor alat kesehatan secara umum berlaku ketentuan pembatasan atau harus memiliki perizinan impor berupa izin edar atau Special Access Scheme (SAS) dari Kemenkes.

Sebelumnya juga Bea Cukai bersama Yayasan Nawa Bakti Nusantara TN 9 dan Sepultura TN10 yang merupakan Yayasan Alumn SMA Taruna Nusantara menyerahkan APD ke beberapa Puskesmas dan RSMM.

“Kita semua berharap supaya wabah ini segera hilang, supaya kita semua bisa kembali beraktivitas seperti biasa. Namun semua ini bisa terjadi kalau kita tetap mengikuti anjuran pemerintah. Dengan begitu juga kita ikut membantu para tenaga medis yang saat ini berjuang memerangi Covid-19 ini,” tutupnya.(ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *