oleh

Nuansa Pandemi Covid-19, Warga Pilih Salat Id Bersama Keluarga

TIMIKA – Di tengah pandemi Covid-19, umat Muslim di Kabupaten Mimika tetap merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1441 Hijriah walaupun dari rumah masing-masing. Umat muslim tetap bisa merayakan hari kemenanganya dengan berkumpul bersama keluarga masing-masing dari rumah, tanpa ada kebiasaan open house.

Arahan agar umat muslim tetap berada di rumah, baik sejak malam takbiran hingga salat Ied dari rumah masing-masing, juga tidak lepas dari imbauan dari MUI Mimika yang tertuang dalam surat Nomor 001/MUI-MMK/V/2020 yang ditandatangani Ketua MUI Mimika, H Muhammad Amin AR, SAg dan Sekretaris MUI Mimika Abdul Syakir, Jumat (22/5).

Ustadz H M Amin mengatakan, umat muslim dihimbau untuk menyemarakkan malam Idul Fitri 1441 Hijriah/2020 Masehi dengan mengumandangkan takbiran dari masjid dan diikuti seluruh umat muslim dari rumah masing-masing.

Selanjutnya, dijelaskan saat mengumandangkan takbir di masjid-masjid, seluruh Takmir dan pengurus DKM Masjid, tidak boleh lebih dari lima orang.

Lanjutnya, baik itu lantunan Takbir, Tahlil, Tahmid, Tasbih dan Doa menggunakan pengeras suara yang ada di masjid masing-masing, tidak menggunakan kaset. Umat muslim juga diimbau untuk melakukan hal yang sama di depan rumah masing-masing dengan mengikuti lantunan Takbir, Tahlil, Tahmid dan Tasbih serta doa dari masjid-masjid terdekat.

“Mari kita agungkan Asma Allah, berdo’a dan hidupkan malam dengan qiyamul lail sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT,” ujar Ustadz Amin.

Pelaksanaan imbauan untuk mengumandangkan takbiran ini dilakukan pada hari Sabtu, 23 Mei 2020 mulai dari pukul 19.30 hingga 22.00 WIT.

Selain takbiran dari rumah masing-masing, Ustadz Amin juga menghimbau umat muslim dapat melaksanakan salat Id dari rumah masing-masing. “Tidak mengurangi makna hari kemenangan yang sesungguhnya, kita harus terus tawakkal dan sama-sama berdoa agar wabah ini segera berlalu,” imbuh ustadz Amin. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *