oleh

Usai Ramadan, Umat Muslim Diarahkan untuk Puasa Syawal

TIMIKA – Setelah menjalani puasa Ramadan 1441 Hijriyah dan mengikuti perayaan hari kemenangan di Idul Fitri, umat muslim diarahkan untuk menjalani puasa syawal. Arahan untuk puasa syawal sendiri sesuai dengan sabda Nabi SAW, “Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadan lalu melanjutkan puasa 6 hari di bulan Syawal maka sama dengan berpuasa selama setahun”.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Mimika, H M Amin AR, SAg kepada Radar Timika, Selasa (27/5) mengatakan suasana wabah Covid-19 tidak menyurutkan umat muslim untuk beribadah kepada Allah SWT, termasuk berpuasa sunnah di bulan Syawal.

“Alhamdulillah atas selesainya pelaksanaan Ibadah Puasa di bulan suci Ramadan dan saat Ini kita umat Islam berada di Bulan Syawal 1441 H, mari kita ikut puasa syawal selama enam hari,” jelas ustadz Amin.

Ustadz Amin menyebutkan, umat Islam bisa memulai puasa sunnah syawal nya di Hari Kamis Tanggal 5 Syawal 1441 H atau 28 Mei 2020 M.

Sementara itu, bagi umat Islam yang telah memulai puasa syawalnya, Senin Tanggal 25 Mei 2020 dapat dipersilahkan untuk melanjutkannya sampai enam hari. Lanjut Ustadz Amin, enam hari berturut-turut adalah paling afdhal dan kalau di selang-seling juga afdhal.

“Mari semarakkan puasa Syawal dengan serentak atau bersamaan, hidupkan Sunnah Nabi SAW, dengan mengamalkan puasa 6 hari di bulan Syawal,” imbuh Ustadz Amin.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *