oleh

43 Persen Pasien Sembuh di Papua Berasal dari Mimika

TIMIKA – Tidak hanya sebagai penyumbang kasus positif terbanyak, Kabupaten Mimika juga mampu menunjukkan kemampuan dalam penanganan sehingga mampu berkontribusi pada angka kesembuhan pasien Covid-19 di Provinsi Papua.

Seperti yang dilaporkan Juru Bicara Gugus Tugas Pengendalian Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra bahwa angka kesembuhan pasien Covid-19 di Mimika hampir setiap hari mengalami penambahan.

Pada Kamis (4/6) kemarin empat pasien yang dinyatakan sembuh. Tiga diantaranya adalah pasien dari RS Tembagapura yakni pasien 093 inisial YHA laki-laki 49 tahun. Pasien 186 SRY laki-laki 54 tahun dan pasien 196 ADL laki-laki 45 tahun. Sementara satu pasien sembuh dari RSUD Mimika yakni pasien 044 inisial ARL laki-laki 34 tahun beralamat di Kelurahan Karang Senang (SP 3).

Dengan penambahan ini maka total pasien yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 109 orang atau 43 persen dari total angka kesembuhan se-Provinsi Papua yang mencapai 271 orang. Sementara untuk kasus kematian pasien Covid-19 di Mimika sampai Kamis (4/6) berada di bawah 2 persen atau 1,8 persen. “Kabupaten Mimika berkontribusi untuk 43 persen pasien sembuh di Provinsi Papua,” terangnya.

Untuk penanganan pasien Covid-19 memang belum ditemukan obat yang efektif. Karena itu jenis obat disesuaikan dengan gejala atau penyakit bawaan pasien. Pada umumnya pasien diberi obat Klorokuin dikombinasikan dengan Azithromycin.

Sementara itu dari tingkat temuan kasus Mimika masi berada di urutan kedua. Dimana jumlah kasus yang sudah dinyatakan positif berdasarkan pemeriksaan real time PCR sebanyak 288 kasus atau 32 persen dari total 877 kasus di Provinsi Papua.

Terdapat penambahan 4 kasus baru yang dilaporkan Kamis (4/6). Tiga diantaranya adalah hasil spesimen positif dari RS Tembagapura dan 1 kasus dari RSMM. Adapun 3 kasus dari RS Tembagapura diantaranya pasien 285 inisial ARP laki-laki 47 tahun, pasien 286 YSR laki-laki 48 tahun dan pasien 287 TLT perempuan 23 tahun. Sedangkan pasien yang dilaporkan RSMM yakni pasien 288 NBM laki-laki 43 tahun alamat Kampung Mimika Gunung, Distrik Kuala Kencana. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *