oleh

Rekomendasi Rapid Test Harus Persetujuan Bupati

TIMIKA – Penerbangan komersil yang melayani penumpang dari dan ke Timika akan segera dibuka. Tepatnya pada 10 Juni mendatang, dimana tiga maskapai komersil yang melayani rute Timika sepakat untuk memulai terbang.

Namun bagi warga Mimika yang ingin melakukan perjalanan harus memenuhi persyaratan. Sesuai Kesepakatan Bersama Nomor 443.1/386 tentang Pencegahan, Pengendalian dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) pada poin (j) menyebutkan bahwa masyarakat yang melakukan perjalanan ke luar Kabupaten Mimika membawa persyaratan surat keterangan bebas Covid-19.

Mengingat Pemda Mimika tidak bisa melayani pemeriksaan swab PCR bagi masyarakat umum karena masih prioritas pada Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP), Orang Tanpa Gejala (OTG) serta pasien Covid-19 itu sendiri maka Pemda Mimika hanya melayani pemeriksaan cepat atau rapid test.

Untuk bisa melakukan rapid test, warga atau calon penumpang harus mengajukan permohonan kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian (TGTPP) Covid-19 Kabupaten Mimika. Surat permohonan itu akan diperiksa terlebih dahulu terutama tujuan perjalanan.

Surat permohonan itu akan kembali diperiksa oleh Sekretaris tim Gugus untuk selanjutnya mendapatkan persetujuan dari Ketua Gugus dalam hal ini Bupati Mimika. “Mulai hari Rabu 10 Juni 2020, surat disampaikan kepada Ketua Gugus Tugas untuk mendapat rekomendasi pemeriksaan, baru kami tindaklanjuti. Mulai besok (hari ini) kami lakukan sosialisasi hingga Selasa,” ujar Juru Bicara TGTPP Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra dalam percakapan bersama wartawan di Group WA, Minggu.

Reynold menegaskan bahwa layanan pemeriksaan cepat termasuk bagi warga yang akan melakukan perjalanan tidak dipungut biaya alias gratis. Sebab Pemda Mimika sejak awal melakukan secara mandiri untuk kebutuhan di Mimika dan semuanya ditanggung sehingga layanan kepada masyarakat gratis.

Warga baru akan mengeluarkan biaya jika ingin melakukan perjalanan ke daerah yang menuntut bebas Covid-19 harus berdasarkan pemeriksaan PCR. Karena Pemda Mimika tidak bisa melayani swab PCR maka, penumpang harus mencari daerah transit untuk melakukan pemeriksaan swab PCR. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *