oleh

Kompor Meledak, Rumah Senilai 2 Miliar Terbakar

TIMIKA – Kebakaran hebat melanda sebuah rumah di Jalur V Jalan Garuda, Kelurahan Wonosari Jaya (SP 4) Distrik Wania, Senin (8/6) siang. Dugaan awal api berasal dari ledakan kompor di belakang rumah tersebut. Meski lokasinya terpisah dari bangunan utama, namun banyaknya barang-barang yang mudah terbakar menyebabkan api sulit dikendalikan. Sejumlah warga yang berada di lokasi kejadian menyampaikan hal tersebut.

Kepada Radar Timika di lokasi kejadian, sang pemilik rumah, Syamsudin menuturkan, api berasal dari dapur di belakang rumah. Saat kejadian ia bersama istri dan tiga anaknya sedang berada di dalam rumah. Ditambah dengan tiga orang karyawannya yang sedang bekerja. Syamsudin sendiri memiliki usaha catering.

“Tadi saya istri dan tiga orang anak bersama di rumah terus di belakangan tempat penggorengan ada tiga orang karyawan yang lagi bekerja, bunyi ledakan begitu besar dan begitu saya ke belakangan api sudah merampat hingga keatap rumah,” tuturnya.

Meski lokasinya terpisah dari bangunan utama, namun banyaknya barang-barang yang mudah terbakar menyebabkan api sulit dikendalikan. Ia menerangkan hal itu menyebabkan sejumlah barang berharga didalam rumahnya habis dilalap api.

“Untuk kerugian saya belum bisa pastikan tetapi rumah ini saya bangun dengan anggaran Rp 2 miliar,” katanya.

Api sendiri, menurut saksi mata mulai membakar bangunan sekitar pukul 13.00 WIT. Kemudian sekitar pukul 13.28 WIT petugas dari Pemadam Kebakaran (Damkar) BPBD Mimika tiba di lokasi kejadian untuk memadamkan api.

Hingga pukul 14.00 WIT api sudah mulai bisa dikendalikan. Kejadian ini sendiri sempat menjadi tontotan ratusan warga.

Kepala Seksi Pencegahan Kebakaran Damkar Timika, Daniel Womsiwor di lokasi kejadian menuturkan, dalam insiden tersebut mereka menurun 30 personil damkar ditambah dengan empat unit mobil pemadaman.

Ia menerangkan personil pemadaman berhasil memadamkan api kurang lebih selama satu jam. Hingga pukul 14.10 Wit api berhasil dipadamkan. (itz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *