oleh

SMP YPJ Kuala Kencana Laksanakan Wisuda Virtual

TIMIKA – Di masa pandemi Covid-19, SMP YPJ Kuala Kencana tetap menggelar prosesi wisuda bagi anak didiknya pada Senin (8/6) kemarin. Namun, wisuda tidak dilakukan sebagaimana biasanya, tetapi wisuda secara virtual atau online. Cara ini memang sengaja dilakukan untuk menghindari kerumunan massa pada saat acara pelepasan.

Berdasarkan rilis yang diterima Radar Timika dari Corporate Communication PT Freeport Indonesia, pelaksanaan wisuda berlangsung melalui platform online pada aplikasi google yang dilakukan di laboratorium komputer. Jika biasanya satu persatu siswa dipanggil di atas panggung, namun kali ini satu persatu foto siswa ditampilkan melalui layar sesuai urutan.

Kepala SMP YPJ Kuala Kencana, Nursalim mengatakan, prosesi wisuda kali ini berbeda dengan wisuda-wisuda angkatan sebelumnya, dimana ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan secara langsung.

Di sekolah, beberapa guru mengikuti wisuda dari ruangan masing-masing sedangkan siswa dan orang tua mengikuti dari rumah.

“Wisuda ini disaksikan juga para orang tua dan murid melalui aplikasi online, meski berbeda dari wisuda dengan tahun-tahun sebelumnya, namun wisuda ini berlangsung lancar dan penuh kesan tersendiri bagi para siswa hingga para pengajar,” ujar Nursalim.

Dari ruang Kepala Sekolah, Nursalim juga mengucapkan terima kasih kepada pihak PT Freeport Indonesia yang telah banyak membantu terutama dalam penyediaan sarana dan prasarana pembelajaran di Sekolah YPJ, sehingga sekolah tetap bisa melakukan proses pembelajaran selama masa pandemi Covid 19 ini.

Beberapa bulan kedepan ini, sekolah akan memasuki tahun ajaran baru, dan jika pandemi ini masih berlangsung, pihak sekolah tetap melaksanakan proses pembelajaran secara daring atau online. Sekolah mohon kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak, dari orang tua murid, komite sekolah dan pihak perusahaan PT Freeport Indonesia untuk bersama-sama membantu proses pembelajaran agar tetap berjalan baik dan lancar sesuai yang diharapkan semua pihak,” ungkap Nursalim.

Pada kesempatan yang sama, Abidin Nur Rahmat selaku Kepala Kampus YPJ Kuala Kencana melalui sambungan video conference mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam proses pembelajaran online di lingkungan sekolah YPJ Kuala Kencana sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan lancar. Terima kasih secara khusus disampaikan kepada menejemen PT Freeport Indonesia dan komite sekolah yang telah mendukung dalam segala kebutuhan proses pembelajaran ini.

Abidin juga menyampaikan pesan kepada seluruh siswa yang pada hari ini mengikuti wisuda secara virtual.

“Untuk semua siswa, meskipun pada hari ini kalian hanya bisa mengikuti wisuda secara virtual, namun tetap semangat dan kalian telah membuktikan walaupun pada semester ini banyak tantangan dan harus mengikuti proses pembelajaran dari rumah masing-masing namun hasilnya sangat memuaskan, kedepannya kalian mungkin akan menemukan tantangan-tantangan yang lebih dari yang sekarang dialami namun yakinlah bahwa semua bisa dijalani dengan baik dan yakin akan berhasil,” jelasnya.

Sebanyak 95 siswa mengikuti kegiatan ini, diharakan melalui wisuda online atau virtual ini siswa tetap bersemangat dalam menempuh pendidikan lanjutan. Selain itu tetap mematuhi anjuran pemerintah, untuk selalu menjaga jarak, menghindari kerumunan dan menerapkan protokol kesehatan. (*/ami/sms)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *