oleh

Layanan Surat Bebas Covid Dilakukan Online

TIMIKA – Untuk memudahkan warga yang akan melakukan perjalanan ke luar Timika, Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika membuka layanan pengurusan surat izin keluar masuk atau surat keterangan bebas Covid-19 secara online.

Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Mimika, Nicolaas Kuahaty ketika ditemui di Hotel Grand Mozza, Kamis (11/6) kemarin mengatakan tim gugus tugas ingin memastikan sistem pengurusan surat izin dilakukan semudah mungkin.

Tim gugus tugas akan berupaya agar waktu pengurusan surat izin tidak lebih dari dua hari. Sehingga calon penumpang bisa menentukan jadwal perjalanan. Sebab jadwal penerbangan dari dan ke Timika sekarang ini belum normal. Setiap maskapai hanya diberi ruang dua kali dalam seminggu.

Calon penumpang kini tidak perlu datang ke sekretariat tim gugus tugas untuk mengambil formulir permohonan cukup men-download melalui website resmi Pemda Mimika yaitu covid19.mimikakab.go.id.

Formulir itu diisi kemudian melengkapi berkas yang disyaratkan salah satunya surat pengantar dari kelurahan. Ini dikatakan Nicolaas sangat penting untuk menentukan tempat yang direkomendasikan untuk melakukan rapid test. “Ada 9 Puskesmas yang bisa dilakukan proses penyediaan rapid test supaya mendekatkan mereka dengan lokasi,” terangnya.

Menyangkut biaya kembali ditegaskan Nicolaas bahwa sampai saat ini Pemda Mimika dalam hal ini Bupati belum mengeluarkan keputusan apapun atau Peraturan Bupati yang menyangkut biaya rapid test atau swab PCR. “Kalau ada yang lakukan, itu bermasalah. Sebab apa dasar pungutannya, kita memungut harus ada dasarnya,” tandas Nicolaas. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *