oleh

Tokoh Masyarakat Punya Andil Minimalisir Tindak Kriminalitas

Apalagi Ketika Terjadi Konflik Antarsuku


TIMIKA – Tokoh masyarakat dalam sebuah paguyuban dan organisasi kemasyaratan, punya andil yang besar untuk ikut memimalisir tindak kriminalitas di tengah masyarakat. Peran dari tokoh masyarakat diharapkan lebih efektif lagi, agar tindak kriminalitas yang akan terjadi di masyarakat bisa dicegah.

Ketua DPRD, Robby Kamaniel Omaleng, Senin (15/6) mengatakan, tokoh masyarakat punya andil yang cukup besar untuk mencegah adanya tindak kriminalitas, pasca terjadinya masalah di tengah masyarakat.

Tokoh masyarakat kata Robby, adalah pihak yang paling diterima oleh masyarakatnya. Untuk itulah, jika pasca terjadinya kasus kriminalitas di tengah masyarakat yang melibatkan dua suku, tidak akan timbul kerusuhan baru jika tokoh masyarakat sudah mengambil perannya untuk menenangkan masyarakatnya.

“Di Timika ada paguyuban-paguyuban, kepala suku-kepala suku bisa menyelesaikan masalah cepat. Jadi peran serta tokoh masyarakat itu penting, dalam menyelesaikan masalah di tengah masyarakat,” jelas Robby.

Peran tokoh masyarakat sebutnya, memang sangat penting untuk mengurangi kasus kriminalitas, yang kemungkinan bisa terjadi pasca terjadinya bentrok antar dua suku.

Dikatakannya, masih adanya kasus kriminalitas di tengah masyarakat biasanya dipicu karena banyak faktor. Selain masalah kesalahpahaman, faktor ekonomi, masalah keluarga yang melibatkan pihak lain, kesemuanya bisa memicu adanya konflik di tengah masyarakat.

Lanjutnya, di Timika memang masih sering ditemui adanya kasus kriminalitas antar kelompok atau suku, yang pada akhirnya merugikan pihak masyarakat luas.

Konflik dua kelompok ini sebut Robby, sangat disayangkan terjadi karena akan menganggu kenyamanan publik dan merusak fasilitas umum.

“Jadi bila masalah internal dalam keluarga, diselesaikan dalam keluarga, tapi kalau berkaitan dengan masyarakat dan menggangu, merusak fasilitas umum, ini harus diamankan pihak berwajib,” jelasnya.

Dikatakan Robby, jika ada kelompok masyarakat yang berkonflik dan merusak fasilitas publik, maka harus ditindak dengan hukum yang berlaku.

Kepada aparat penegak hukum juga tambah Robby, diminta dapat memproses setiap tindak kejahatan dengan hukum yang berlaku. Penindakan kepada setiap pelaku kejahatan ini sangatlah penting agar tindak kriminalitas tidak melebar. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *