oleh

Mountain Gold Basket Timika Daftar di IBL

Diharapkan Lahirkan Pebasket Profesional

TIMIKA – Geliat olahraga Papua terus berkembang. Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020, akan menjadi pelecut kebangkitan olahraga di berbagai cabang olahraga di Papua salah satunya cabang olahraga basket.

Kabupaten Mimika akan memiliki club basket profesional yang akan bergabung dalam IBL yakni Mountain Gold Basket Timika (MGB).

Timika akan menjadi club basket profesional yang tergabung dengan IBL. MGB Timika akan dinakhodai oleh Ronaldo Omaleng selaku Manager Team.

Ronaldo Omaleng kepada Radar Timika saat ditemui di bilangan Jalan Hasanudin, Selasa (16/6) menyebutkan, pihaknya sangat optimis bahwa Mimika akan memiliki tim basket profesional yang akan bergabung dengan IBL.

Ia menegaskan, pihaknya sangat optimis membawa Tim MGB Timika untuk bergabung dengan IBL.

“Saya sangat senang saat ini kita sedang membangun dan mempersiapkan tim basket professional, MGB yang akan berpartisipasi pada IBL,” tambahnya.

Ia menyebutkan, tim ini merupakan tim basket profesional pertama di Tanah Papua. Dengan harapan hadirnya tim ini, akan memberi motivasi kepada generasi muda untuk menjadi pebasket profesional.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kabupaten Mimika, Cessar A. Tunya menjelaskan, kemarin merupakan rapat perdana dengan manager tim MGB-Timika.

Kata dia, dalam rapat tersebut mereka menyiapkan beberapa persyaratan untuk tergabung dengan IBL. Bahkan dirinya meyakini tahun ini MGB Timika sudah bisa bergabung dalam IBL.

“Saya juga sudah diskusi dengan tim IBL di Jakarta beberapa wkatu lalu, dan mereka setuju. Selain itu, Bapak Bupati sebagai Ketua Umum KONI Mimika juga sangat mendukung, kalau ada tim basket profesional dari Mimika,” ucapnya.

Ia menyebutkan, bahkan semua pecinta basket di Indonesia sangat merindukan ada tim basket profesional dari Papua. Hal itu juga turut didukung oleh ketua Perbasi Pusat, bahwa Papua harus memiliki tim basket profesional.

Ia menuturkan, dengan adanya tim profesional ini, sehingga setelah pelaksanaan PON XX tahun 2021 nanti, fasilitas yang ada di Timika bisa terus digunakan. Sehingga di Mimika kedepannya, pasti akan melahirkan pebasket-pebasket yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

“Ketua Perbasi Pusat sangat senang. Bahkan target kita juga ada pebasket dari Papua khususnya Timika, yang nantinya bisa tergabung dalam tim nasional (timnas),”  tuturnya.

“Sekarang kita lagi melengkapi beberapa persyaratannya dan dimungkinkan Bulan Oktober mendatang, tim profesional ini sudah masuk dalam IBL,” tukasnya. (itz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *