oleh

Efek Covid-19, Target Sertifikat Tanah Dikurangi Hingga 90 Persen

TIMIKA – Karena wabah Covid-19 yang kini terus meningkat di hampir semua wilayah yang ada di Indonesia, 4.000 sertifikat yang ditarget Badan Pertanahan Nasional (BPN) Mimika pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2020 ini, kini hanya 400 sertifikat atau dikurangi 90 persen dari target.

Hal ini bukan hanya terjadi di BPN Mimika saja, tetapi di semua BPN yang ada di seluruh Indonesia karena dana penanganan program ini dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Padahal BPN telah merencanakan hal ini di 13 kelurahan dan bahkan sudah melakukan sosialisasi di masing-masing kelurahan. Namun kini hanya bisa dilakukan pada 4 kelurahan saja, diantaranya Kelurahan Koperapoka, Dingonarama, Otomona dan Kebun Sirih. Dengan adanya pembatalan ini pun Kepala BPN Mimika, Pantoan Tambunan menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat.

“Apa boleh buat di-cut dari pusat karena Covid-19 jadi kita tidak bisa berbuat apa-apa. Saya memohon maaf kepada semua masyarakat yang ada di 9 kelurahan yang ada di Mimika baru ini karena tahun ini hanya 400 sertifikat yang akan ditargetkan pads PTSL,” kata Pantoan, Kamis (18/6).

Program ini merupakan orientasi penyelesaian desa/kelurahan lengkap dimana setiap jengkal tanah di kelurahan tersebut harus bisa terukur dan terpetakan supaya jelas pemiliknya, sehingga tidak ada lagi sengketa tanah seperti yang kerap terjadi.

Program ini pun jelas Pantoan telah diatur dalam Intruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2018 yang direncanakan akan berlangsung hingga tahun 2025 mendatang.

“Saat ini kami pun akan terus bekerja supaya target 400 ini bisa tercapai meskipun dalam situasi seperti saat ini. Sudah ada yang selesai dan kami terus bekerja untuk menyelesaikan semua program kami. Tetapi sekali lagi kami mohon maaf untuk pemotongan target ini, semoga situasi bisa kembali normal dan tahun depan kita bisa kejar target lagi,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *