oleh

Marthen Paiding Segera Pensiun, Pemda Mulai Cari Pengganti

TIMIKA – Di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi, Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika juga tengah mencari figur untuk mengisi posisi nomor tiga dalam pemerintahan, yakni Sekretaris Daerah.

Jabatan strategis yang diemban Drs Marthen Paiding, MMT selama hampir dua tahun ini akan segera beralih. Pasalnya Marthen Paiding, mulai 23 Juli 2020 mendatang tidak efektif lagi berkantor karena memasuki masa purna tugas atau pensiun.

Kepada wartawan di Hotel Grand Mozza, Rabu (17/6) kemarin, Marthen Paiding mengatakan Pemda sudah membentuk panitia seleksi yang anggotanya adalah Pejabat Sekda Provinsi Papua, Inspektorat, Kepala Kantor BKN Regional Jayapura dan perwakilan akademisi.

Proses seleksi bahkan sedang berlangsung. Pendaftaran sudah dibuka sejak 12 Juni hingga 19 Juni besok. Namun ini baru tahap pemberkasan. “Setelah penutupan baru kita lihat berapa banyak yang ikut mendaftar,” katanya.

Setidaknya ada 19 persyaratan standar yang harus dipenuhi. Pertama, calon Sekda harus PNS aktif Pemda Mimika. Kedua, berumur 56 tahun. Ketiga, pernah menduduki jabatan eselon II minimal dua kali. Keempat, pernah mengikuti Diklat Pim II. Selebihnya adalah syarat administrasi.

Seleksi akan dilakukan secara terbuka hingga akhirnya Bupati yang akan memutuskan atas persetujuan Gubernur Papua dan rekomendasi dari lembaga kepegawaian termasuk KASN. “Ini seleksi terbuka. Jadi siapa yang mendaftar, silahkan,” kata Marthen Paiding.

Marthen Paiding sendiri secara efektif mulai 23 Juli tidak lagi bekerja karena sudah memasuki masa pensiun. Ia berharap sebelum tanggal 23 Juli, sudah ada penggantinya sehingga dapat dilakukan pelantikan untuk melanjutkan tugas.

Ia berharap siapapun yang nantinya terpilih menjadi Sekda Mimika bisa bekerjasama dengan Bupati selaku kepala daerah dan semua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Marthen Paiding sendiri akan mengakhiri tugasnya pada momen dimana ia ditunjuk sebagai Ketua Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19. “Tidak ada masalah jika ada pergantian,” tandasnya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *